Wah! Ini dia Kandungan dan Manfaat Ikan Tongkol

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Tongkol masih satu famili dengan tuna. Namun berbeda dengan tuna yang dikhawatirkan kandungan merkurinya, tongkol dari Indonesia lebih aman dikonsumsi. Nah, ayo kita bedah kandungan dan manfaat masakan khas indonesia yang biasa dimasak pindang tongkol , gulai, maupun cabe ijo ini.





KANDUNGAN IKAN TONGKOL

Ikan tongkol memili kandungan gizi yang cukup dan sangat baik untuk tubuh, kandungan gizi pada ikan tongkol antara lain:

1.    Jumlah kandungan protein pada ikan tongkol  ± 23,2 gram

Protein ikan mengandung asam amino yang bentuknya hampir sama dengan asam amino pada tubuh manusia. Komposisi asam amino pada protein ikan lebih lengkap dibandingkan makanan yang lainnya. Dibandingkan dengan kacang-kacangan, telur, dan daging, protein ikan lebih tinggi. Protein sangat bermanfaat untuk merangsang sel pertumbuhan pada balita. Selain itu protein ikan juga sangat mudah dicerna, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh balita.

2.    Jumlah Kandungan lemak pada ikan tonggol ± 2,7 gram

Lemak pada setiap ikan memang berbeda-beda jumlah kandungannya, tetapi lemak ikan memang lebih bagus dan berbeda dengan lemak daging sapi dan daging ayam. Kebanyakan orang lebih memilih lemak ikan dan menghindari bahkan mengurangi mengkonsumsi lemak pada daging merah. Lemak ikan  merupakan asam lemak essensial yang sifatnya tidak jenuh. Asam lemak tidak jenuh seperti Omega-3 dan Omega-6 memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Adanya kandungan Omega-3 dalam lemak ikan laut menjadi ciri khas yang membedakan antara kandungan lemak ikan laut dan mamalia darat seperti sapi dan kambing.

Asam lemak tidak jenuh sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol. Pada beberapa ikan laut seperti salmon, tuna, sarden dan makarel, mengandung asam lemak yang tergabung dalam kelompok asam lemak omega 3. Yang paling dominan dari kelompok ini adalah asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Keduanya bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak sikecil.

3.    Jumlah Kandungan Vitamin pada ikan tongkol 0 mg

Ikan juga memiliki kandungan vitamin yang manfaatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin yang terkandungan pada ikan antara lain yaitu:
Vitamin A.
Vitamin A banyak terdapat di dalam minyak hati ikan, manfaat Vitamin A pada minyak hati ikan yaitu dapat mencegah kebutaan pada anak-anak.
Vitamin  B6.
Vitamin B6 bermanfaat untuk membantu metabolism tubuh, vitamin B6 yang ada pada asam amino dan lemak pada ikan sangat bermanfaat untuk mencegah anemia dan kerusakan syaraf
Vitamin B12.
Ikan juga mengandung Vitamin B12 yang bermanfaat untuk pembentukan sel-sel darah merah, membantu menetabolisme lemak, dan melindungi jantung.


MANFAAT IKAN TONGKOL
Sekian banyak kandungan gizi pada ikan tongkol, ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

MENCEGAH ANEMIA

Mungkin Anda atau orang lain disekitar pernah mengalami anemia. Anemia adalah suatu kondisi saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah dibawah normal. Tanda-tanda anemia yaitu seseorang akan merasa cepat lelah, kurang bergairan, konsentrasi lemah, menurunnya selera makan, sesak nafas, kesemutan, garis hitam pada mata dan detak jantung berdebar-debar lebih cepat.

Saat anemia datang kekebalan tubuh akan menurun sehingga virus mudah sekali masuk ke dalam tubuh. Jadi jika Anda anemia segeralah mengkonsumsi makanan yang dapat mengembalikan sel-sel darah merah. Makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi ketika anemia yaitu ikan tongkol. Kandungan alami dalam ikan tongkol sangat baik untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Namun pengolahannya harus direbus, dan dimakan dengan kuahnya sekaligus. Sebab jika melalui proses penggorengan, beberapa jenis protein akan rusak.


MENORMALKAN KULIT KUSAM

    Seringkali wanita mengeluh karena betis, lengan, siku dan lututnya sering tampak kusam dan terasa kasar. Hal ini biasanya sangat mengganggu penampilan dan kecantikan seorang wanita. Dengan menggunakan ikan tongkol hal yang dikeluhkan karena kulit kusam dapat teratasi. Caranya yaitu dengan Ambil kulit ikan tongkol dengan cara disayat-sayat, khusunya di sekitar sirip punggung sampai ekor. Rebus dengan batang serai yang dimemarkan dan tambahkan garam secukupnya. Makan sekaligus kuahnya secara rutin 2 – 3 kali seminggu. Sisik pada permukaan kulit tersebut perlahan-lahan akan mengelupas dan kulit menjadi halus kembali.

RHEUMATIC dan LINU TULANG


Manfaat ikan tongkol yang berikutnya yaitu dapat mencegah dan mengobati rheumaric dan linu pada tulang. Dengan mengkonsumsi atau menjadikan ikan tongkol menjadi menu utama sehari-hari rheumatin dan linu tulang akan dicegah dan terobati. Cara mengkonsumsi yaitu bisa dengan mengetim ikan tongkol, menggoreng, dan lainnya sesuai selera. Untuk terapi Rheumatic yang serius, sebaiknya dikonsumsikan tiap hari dengan porsi yang cukup. Sedangkan untuk terapi ringan, cukup 2-3 kali dalam seminggu. Selam pengobatan ini, hindari mandi malam, hawa dingin, atau olah raga berlebihan.

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post