8 Makanan Pencegah Anemia

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Apakah Anda sering merasa lelah? pusing? mata pucat dan badan lemas? hati hati, mungkin Anda kurang darah. Ayo kita konsumsi makanan ini yang dipercaya bisa memicu produksi darah merah.






Ikan Salmon





Ikan salmon adalah satu makanan penambah darah yang sehat. Bagi Anda yang mengalami darah rendah, ikan salmon bisa menjadi makanan  yang wajib untuk Anda konsumsi. Ikan salmon memiliki kandungan vitamin B12 yang sangat baik untuk penambah darah, vitamin B12 memang sangat diperlukan untuk tubuh dan memang memiliki peranan penting untuk penambah darah.
Vitamin b12 memiliki fungsi yang baik, yaitu untuk pembelahan sel, pembentukan sel darah, dan menjaga sistem saraf dan sel-sel sehat tubuh yang sehat. Vitamin B12 juga sangat diperlukan dalam proses pembentukan DNA.

Buah Strawberry





Buah yang memiliki rasa yang khas ini memiliki manfaat yang baik salah satunya yaitu dapat menambah darah. Kandungan vitamin C dan asam folat (vitamin B9) yang ada dalam buah ini memang berfungsi untuk penambah darah, bagi anda yang sering mengalami anemia buah strawberry ini bisa jadi salah satu makanan yang patut Anda konsumsi.

Kentang




Makanan penambah darah selanjutnya yaitu kentang. Bagi para vegetarian kentang merupakan salah satu makanan yang memiliki sumber zat besi yang baik. Kentang memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk menyerap zat besi yang diperlukan tubuh untuk penambah darah.
Agar terhindar dari anemia, Anda bisa mengkonsumsi kentang dengan cara direbus atau dikukus secara teratur.

Sawi




Sayuran yang mengandung zat hijau (klorofil) juga dibutuhkan oleh penderita anemia bila ingin sembuh. Anda bisa mencoba sayur sawi hijau ataupun sawi putih. Di dalamnya tidak hanya mengandung vitamin A, B, dan C yang efektif meregenerasi hemoglobin, tetapi juga mengantongi banyak mineral seperti magnesium, potassium, dan kalium yang baik untuk ibu hamil.

Kismis




Kismis juga merupakan salah satu makanan yang dapat dikonsumsi bagi penederita anema atau bagi mereka yang kekurangan darah. Kismis merupakan buah dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi 1/2 gelas  kismis mengandung sekitar  1,6 miligram zat besi ( 9 % DV ). Mengkonsumsi kismis secara rutin akan membantu anda mengatasi masalah kurang darah anda.




Kuning Telur





Kuning telur memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, dan salah satu manfaatnya yaitu untuk penambah darah bagi mereka yang menderita anemia. Cara mengatasi anemia dengan mengomsumsi telur Anda dapat merebus 1 kuning telur ayam kampung bersama 60 gram daun bawang merah dan campurkan air secukupnya setelah itu, kemudian dimakan atau dikonsumsi secara teratur 2 kali sehari secara teratur.

Buah Mangga




Buah yang satu ini juga dapat dikonsumsi bagi Anda yang ingin menambah darah. Di dalam mangga tersimpan sebanyak 60 mg vitamin C, jumlahnya hampir memenuhi kebutuhan vitamin harian orang dewasa. Buah mangga sangat cocok menjadi bufavo penderita anemia, selain memulihkan kondisinya tubuh juga semakin kuat karena kandungan antioksidannya berperan sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh.

Gandum




Gandum kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda, gandum mengandung tinggi zat besi yang berfungsi untuk mengatasi anemia karena akan menambah darah anda dengan cepat. Selain itu gandum juga rendah gula sehingga baik dikonsumsi bagi para penderita diabetes. 

Dari berbagai sumber


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post