Tips Membersihkan Peralatan Stainless Steel & Perabot Stainless

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Alat masak stainless steel memang cantuk dan awet. Proses pemanasanpun sempurna dan tidak diragukan keamanannya bagi masakan. Bagaimana ya cara untuk membersihkan alat masak dan peraot stainless steel?






Tips Membersihkan Peralatan Stainless Steel


  • Musuh utama stainless steel adalah goresan. Celakanya, goresan tak dapat  dihilangkan. Jadi, satu-satunya jalan harus dicegah. Untuk membersihkan  sisa makanan gosong, tuangkan saja air mendidih pada permukaan alat. Biarkan beberapa menit. Selain itu, cukup gunakan api sedang saat memasak. Membiarkan rebusan air sampai kering juga dapat merusak peralatan yang terbuat dari stainless steel.


Tips Membersihkan Perabot Stainless

Dirumah kebanyakan kita mempunyai perabot rumah tangga yang terbuat dari stainless steel karena awet dan paling aman dan baik untuk memasak. Namun jika kotor/sehabis digunakan agak susah dibersihkan. Jika anda mengalami kesulitan membersihkannya, janganlah kawatir cobalah tips dibawah ini:

Bekas masakan yang lengket

  1. Rendam dengan air dan sabun, bahkan kalau perlu semalaman
  2. Buang air rendaman
  3. Cuci dengan spons cuci. Jangan dengan sabut besi karena bisa merusak permukaan alat masak
  4. Bilas

Bekas masakan yang hangus
  1. Lakukan seperti cara membersihkan bekas masakan yang lengket. Apabila masih membandel, maka
  2. Ambil abu gosok dan sabun cuci secukupnya, campurlah dengan meremasnya. Kita juga bisa menggunakan baking soda yang diberi sedikit air sehingga berbentuk pasta
  3. Menggunakan sabut cuci, gosoklah perabot stainless dengan abu gosok dan sabun atau baking soda tadi.
  4. Lakukan secara merata dan berulang sampai bersih.
  5. Lalu cucilah perabot dengan air sampai bersih.
Noda bekas air pada alat masak
Kadangkala setelah dicuci, tampak noda noda yang tersisa karena titik titk air yang mengering. Sebetulnya air tidaklah meninggalkan noda, namun noda tersebut berasal dari mineral yang terkandung dalam air. Cobalah mencuci dengan menggunakan larutan cuka masak dan dilap dengan lap yang bersih dan lembut



Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post