Tips Membuat Ice Gel Ekonomis ala Yuyun Anwar

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Begitu banyak orang yang kini memproduksi serta menjual makanan olahan beku untuk dikirim ke seantero nusantara. Namun, bagaimana bila perjalanan memakan waktu terlalu lama sehingga memungkinkan makanan basi? Ice gel lah solusinya!





Sayangnya harga ice gel relatif mahal dan bisa jadi jauh lebih mahal dibanding harga produk yang dijual. Tentu akan jadi tidak ekonomis dan merugikan ya.

Tetapi sekarang ada solusi yang tepat untuk Anda, Bunda Yuyun Anwar memiliki tips praktis membuat Ice Gel yang ekonomis bagi para pengusaha UKM. Ice Gel ini lebih mudah dibuat sendiri dan tentu harganya lebih murah. Yuk dicoba tips Ice Gel ini berikut ini:

Cara Membuat Ice Gel (Bubur Beku):

  1. Masak 1 kg tapioka/aci/sagu dengan 5-6 liter air sampai menjadi bubur dan mengental.
  2. Angkat bubur tapioka, masukkan minimal 250 ml cuka makan. Aduk rata, dinginkan.
  3. Kemas bubur tapioka dalam plastik (plastik gula) dan sealing atau tutup rapat.
  4. Masukkan bubur kemasan dalam freezer biarkan sampai beku. 
  5. Bongkahan sebaiknya dibuat tipis dan rata sehingga mudah untuk pengiriman.

Berikut ini fungsi dari Ice gel / es bubur:

  • Bisa kirim luar pulau/daerah yang jauh dengan menggunakan sterofoam box. Kita bisa menggunakan 20% es gel yang dikemas bersamaan dengan produk frozen yang akan dikirim. Misal risol, pastel, lauk beku lainnya.
  • Bisa untuk mempertahankan suhu chill produk pada saat berjualan kaki lima ketika tidak memiliki kulkas atau lemari pendingin. Es gel ini dapat dimanfaatkan saat berdagang kaki lima, es gel ini bagaikan seperti kulkas berjalan tanpa listrik. Cocok untuk berjualan makanan seperti salad, ayam goreng, ikan bakar, dan makanan beku lainnya.
  • Es gel dapat dibekukan ulang jika sudah sedikit mencair dan es gel pun dapat dipakai berulang-ulang.
Ingin tahu lebih jauh tentang Ice Gel ekonomis ini? kontak saja bunda Yuyun di akun facebooknya : https://www.facebook.com/yuyun.anwar

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post