Tips Menghemat Minyak Goreng & Cara Menjernihkan Minyak Jelantah

Suka Resep Ini? Share Yuk!



Bun gimana ya cara menghemat minyak goreng dan menjernihkan minyak yang sudah terpakai?



Solusi tepatnya ada disini lho bun, 2 Tips ini akan membantu bunda dalam menghemat dan menjernihkan minyak goreng yang sudah terpakai. Yuk simak bun!
 
Tips Menghemat Minyak Goreng
  • Gunakan minyak goreng yang baru untuk menggoreng bawang, kerupuk, atau kacang. Setelah selesai menggoreng, saring minyak yang masih berwarna kuning ini, lalu masukkan ke dalam wadah bersih.
  • Sisa minyak tadi dapat digunakan kembali di hari yang sama untuk menumis sayuran,bumbu masak, atau menggoreng tahu, tempe, dan gorengan lainnya. Seusai digunakn, saring lagi dan masukkan ke wadah bersih.
  • Jika masih ada daging ayam atau ikan yang akan digoreng saat itu juga, gunakan saja sisa minyak tadi untuk menggoreng. Nah, sisa minyak dari menggoreng ikan atau ayam warnanya akan menjadi kehitaman dan agak mengental. Sebaiknya, minyak goreng ini dibuang dan jangan digunakan lagi.
  • Sementara itu, minyak yang sudah digunakan untuk menggoreng kue donat atau kembang goyang baunya akan wangi. Sebaiknya masukkan sisa minyak ke dalam wadah bersih dan gunakan untuk menggoreng pisang atau snack-snack manis lainnya.

 Cara Menjernihkan Minyak Jelantah/ Minyak Sisa Menggoreng

Minyak yang dipakai menggoreng beberapa kali tidak baik bagi kesehatan, disamping itu makanan hasil gorengannya pun tidak seenak menggoreng pertama. Jika Anda mempunyai minyak jelantah/minyak bekas pakai beberapa kali dan ingin menggunakannya lagi, ada baiknya anda segarkan/jernihkan dulu minyak jelantah itu dengan tips di bawah ini :

  • Campurkan minyak goreng bekas/jelantah dengan arang sekam 1%-nya.
  • Panaskan pada suhu 80 Derajat Celcius selama 30 menit.

Lihatlah, minyak jelantah yang warnanya pekat, kembali jernih dan segar kembali. Cita rasa masakan yang dihasilkannya pun akan lebih enak dan nikmat.


Selamat Mencoba Tips-tips Ini Ya Bun :)

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post