6 Manfaat Tahu si SUPER PROTEIN

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Dari mencegah osteoporosis sampai mencegah anemia. Tahu memang pilihan tepat yang harus tersedia setiap hari. Apa saja manfaatnya?






Dapat Mencegah Osteoporosis

Tahu yang menjadi makanan populer di dunia ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tulang. Tahu mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, jika ingin terhindar dari osteoporosis da penyakit tulang lainnya Anda bisa mengkonsumsi tahu dalam menu makanan Anda setiap harinya. Kandungan isoflavon yang ada pada kedelai sebagai bahan baku utama pembuatan tahu juga bermanfaat untuk tetap menjaga kepadatan tulang.

Menurunkan Resiko Kanker

Selain dapat mencegah osteoporosis tahu juga bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker. Tahu memiliki kandungan selenium yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan juga dapat meminimalkan resiko terkena kanker usus besar. Tidak hanya itu saja kandungan isoflavon juga mampu mengurangi resiko kanker prostat dan kanker payudara.

Penelitian tentang asupan kedelai dan kanker endometrium menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi tahu dapat mengurangi resiko kanker endometrium pada wanita pasca menopause. Selain itu penelitian pada studi lainnya menyatakkan bahwa perempuan pasca menopause yang mengalami kanker paru-paru dapat hidup lebih lama dengan mengkonsumsi tahu.

Meningkatkan produksi energy

Manfaat tahu selanjutnya yaitu tahu dapat meningkatkan produksi energy. Tahu merupakan sumber zat besi yang baik. Tiap 100 gram tahu menyediakan 30% dari yang dibutuhkan tubuh per hari. Nah, zat besi dalam tahu ini bersatu dengan hemoglobin di dalam tubuh yang membantu proses perputaran dan pelepasan oksigen ke seluruh tubuh yang kemudian menghasilkan energi baru. Tahu juga mengandung 10% kebutuhan tubuh akan zat tembaga. Mineral ini dibutuhkan tubuh agar zat besi dapat bekerja baik di dalam sel darah merah.


Mengatasi Masalah Menopause

Tahu juga baik untuk wanita yang sedang mengalami menopause. Tahu dapat memberikan manfaat yang baik untuk wanita yang sedang mengalami hal ini, Berkat nutrisi dan juga kandungan isoflavon  yang terkandung dalam tahu mampu mengatasi dan meredam efek buruk dari ketidakseimbangan hormone estrogen.

Selain itu kedelai yang menjadi bahan baku utama tahu juga memiliki peranan penting. Kandungan fitostrogennya juga mampu menyeimbangkan fluktuasi hormone estrogen pada wanita menopause, dan juga dapat mengurangi hal yang tidak nyaman seperti perut terasa panas. Jadi untuk wanita menopause tahu sangat baik untuk dikonsumsi saat hal itu terjadi.

Mencegah Terjadinya Anemia

Sebuah studi yang dilakukan di Cina yang  menyelidiki hubungan antara anemia dan tahu menunjukkan,  bahwa tahu terbukti menurunkan risiko anemia pada golongan orang dewasa. Bagi penderita anemia sangat dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi tahu dan menjadikan tahu sebagai menu makanan. Dengan mengkonsumsi tahu Anemiapun juga bisa teratasi.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat tahu lainnya yaitu dapat menurunkan berat badan. Protein yang tinggi membuat perut akan kenyang lebih lama, tahu merupakan makanan diet yang baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan protein yang cukup banyak. Kandungan nutirsi yang ada didalamnya juga dapat menurunkan kolesterol dan juga melindungi pembuluh darah.Tahu memiliki sifat rendah kalori ± 80 kalori dalam 100 gram tahu. Jika ingin menurunkan badan jangan ragu lagi untuk memilih tahu sebagai menu diet Anda .

Sekarang jadi makin tahu kan manfaat tahu :)


Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post