8 Kebiasaan Gampang yang Bikin Masak Jadi Efektif seperti Chef

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin kelihatan kecil dan remeh temeh tapi bisa bikin masak lebih cepat lho, Bun! Yuk kita praktekkan


1. Memastikan Papan Talenan tidak Gampang Selip
Pernah kejadian saat memotong bawang, lalu papannya bergeser? wah, bisa berhamburan deh bawangnya. Jadi, pastikan papan talenan tidak gampang geser. Cara yang bisa digunakan misalnya dengan  meletakkan serbet di bawah papan atau menggunakan bagian meja dapur yang tidak licin

2. Jaga agar Pisau selalu Tajam
Nggak asik kan kalau sedang butuh memotong sayur atau daging-dagingan, eeh..pisanya tumpul! bisa-bisa acara masak jadi lebih lama. Karena itu, pastikan pisau selalu terasah, jaga pula kebersihan pisau serta jangan sekali kali memasukkan pisau ke dalam air panas, karena bisa mengurangi ketajamannya.

3. Gunakan Celemek
Kebiasaan yang satu ini jarang dilakukan oleh ibu rumah tangga. Padahal kain kecil ini banyak gunanya loh. Selain mencegah aneka noda dari bumbu maupun minyak goreng menempel ke baju, celemek atau apron juga bisa mencegah bau bawang menempel ke pakaian kita. Ayo, pakai celemek yuk!

4. Bawalah selalu  Serbet atau Handuk Dapur
Caranya? gantungkan saja di pinggang celemek. Serbet atau handuk dapur berguna untuk mengelap tangan dan juga mengangkat panci panas, jadi tangan bisa selalu kering dan bisa cepat kalau akan mengangkat sesuatu. Tapi ingat ya jangan gunakan handuk yang sama kalau habis mengolah daging dagingan atau ikan ikanan karena akan meninggalkan bau amis.

5. Praktekkan "Mise en Place"
Alias pemisahan bahan seperti di dalam video video masak. Masing-masing bahan diletakkan dalam mangkuk-mangkuk kecil agar mudah diambil tanpa menakar lagi. Kelihatannya rumit, tapi sebenarnya akan sangat memudahkan kalau kita hendak masak masakan berbahan banyak atau beberapa bahan harus dimasukkan sekaligus. Tak ada salahnya kan bergaya seperti chef :D
Suka Resep Ini? Share Yuk!
6. Gunakan "Mangkuk Sampah"
Tips ini mudah sekali, tapi akan mengirit waktu anda memasak karena tidak perlu lagi mondar mandir membuang ke tempat sampah. Letakkan sebuah wadah khusus untuk membuang potongan bahan masakan seperti kulit bawang, bagian akar daun bawang, kupasan wortel. Setelah selesai, Anda tinggal membuangnya atau menjadikannya kompos karena semua bahan di dalamnya adalah benda organik :)

7. Gunakan koran bekas di depan kompor saat menggoreng
Saat menggoreng, banyak cipratan minyak di sekitar area wajan, termasuk lantai. Agar tak perlu berurusan dengan pembersihan lantai licin berminyak., manfaatkanlah koran bekas sebagai pelapis lantai agar tidak ada minyak yang terciprat ke lantai. Begitu selesai menggoreng, Anda bisa melipat korannya lalu mengumpulkannya untuk diambil tukang loak.

8. Cuci segera setelah selesai
Sehabis menggunakan alat masak apapun, segera cuci agar tidak ada cucian piring dan alat masak apapun tertinggal di wastafel. Dengan cara ini Anda tidak perlu waktu ekstra untuk mencuci piring secara khusus.


Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post