Hii.. 6 Bahan Kimia Menakutkan ini Ternyata Ada dalam Makanan!

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Ada bahan yang dilarang dalam kosmetik dan cairan pencuci tangan, namun masih diperbolehkan dalam makanan! Hii...ayo amati bahan bahan dalam makanan kita.





Potassium Bromate / Kalium Bromat

Pottasium bromated / kalium bromat adalah zat aditif yang berbentuk tepung yang digunakan para pedangang atau pembisnis roti untuk memberikan kesan kenyal dan roti bertekstur licin. Pada akhir 1980-an, ditemukan beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh penggunaan zat ini, penyakit tersebut seperti ginjal dan tiroid tumor pada tikus, dan banyak Negara seperti Kanada dan inggris dilarang menggunakan zat tersebut pada beberapa tahun kemudian.

Jika Anda tinggal di California, Anda dapat bernapas lega, Karena di Negara ini dilarang untuk menggunakan kalium bromat sejak tahun 1991. Di tempat lain seperti Amerika Serikat hal tersebut dibiarkan. FDA hanya meminta pedagang roti  untuk “sukarela” berhenti menggunakan zat aditif tersebut. Jadi periksalah lebel roti yang akan Anda beli, karena zat aditif tersebut digunakan pada beberapa merek roti popular seperti roti burger, roti hot dog dan jenis roti panggang lainnya.

Parabens / Paraben

Anda mungkin pernah melihat paraben pada daftar bahan untuk shampoo dan sabun, tetapi apakah Anda tahu bahwa mereka berada di lemari Anda dan kulkas juga? Propil paraben dan kerabat kimianya digunakan untuk menghambat pertumbuhan jamur di tortilla, muffin, dan makanan lain yang membutuhkan daya tahan lebih lama. Mereka juga ditambahkan ke selai dan jeli untuk meningkatkan rasa.

Paraben dalam kosmetik telah menerima banyak perhatian, dengan banyak penelitian yang menunjukkan mereka untuk menjadi pengganggu endokrin potensial yang mempengaruhi aktivitas hormon. Dalam studi 2012 ditemukan fakta yang sangat menakutkan, paraben terdeteksi di 100 persen sampel ASI diperoleh dari ibu menyusui, sedangkan penelitian sebelumnya menemukan mereka di lebih dari 95 persen dari sampel sperma.

Pada tahun 2013, Komisi Eropa mengumumkan larangan paraben dalam kosmetik, tetapi sayangnya sampai hari ini zat tersebut masih diizinkan dalam makanan, meskipun hanya dalam jumlah yang sangat kecil. Di Amerika Serikat, paraben bisa diterima karena mereka diklasifikasikan sebagai GRAS ("Umumnya Diakui sebagai Aman"), sebutan untuk bahan kimia yang tidak memerlukan persetujuan pemerintah. Tapi seperti permintaan konsumen produk kecantikan yang lebih aman, bebas paraben berubah pada semakin banyak label.


Nitrit dan Nitrat

Hot dog, salami, daging roti, dan daging diawetkan lainnya tetap terjaga dalam warna pink dan tidak rusak karena diawetkan dengan natrium nitrit dan nitrat, yang berubah menjadi nitrit di dalam tubuh. Inilah masalahnya. Dalam usus, nitrit dapat membentuk nitrosamin, molekul yang menyebabkan kanker pada hewan laboratorium. Untuk alasan ini, pengawet ini telah kontroversial selama beberapa dekade, dengan tubuh yang saling bertentangan riset yang terkait dengan kanker, terutama dari sistem pencernaan.
World Cancer Research Institute sekarang merekomendasikan untuk tidak makan setiap daging olahan karena risiko itu.

Walaupun demikian, beberapa ahli berpikir risiko nitrit telah terlalu dibesar-besarkan. Menurut para ahli tersebut, sebanyak 80 persen dari nitrit dalam makanan khas berasal dari sayuran, sehingga Anda harus berhenti makan sejumlah makanan sehat untuk benar-benar memotong asupan nitrit Anda. Para ahli yang sama mengatakan prosesor daging sekarang menambahkan asam askorbat (vitamin C), yang mencegah pembentukan nitrosamin, mengubah nitrat menjadi nitrit oksida sebagai gantinya.

Tapi, bukan berarti makan daging olahan tidak buruk. Sebuah badan penelitian meyakinkan telah terikat konsumsi daging olahan dengan penyakit kardiovaskular, stroke, kanker, dan diabetes. Hanya saja tidak jelas bahwa nitrit adalah pelakunya.


Butil Hidroksi Anisol (BHA) dan Butil Hidroksi Toluena (BHT)

Kedua zat ini berada di chip dan sereal sarapan-namun pengawet  BHA (butylated hydroxyanisole) terdaftar sebagai karsinogen dikenal oleh negara bagian California dan dilarang oleh Uni Eropa, dan BHT (butylated hydroxytoluene) telah ditemukan menyebabkan paru-paru dan tumor hati pada tikus laboratorium.

Seperti paraben, BHA dan BHT yang paling sering ditemukan dalam kosmetik dan sabun, namun zat zat ini dianggap kurang berisiko daripada dalam makanan. Campaign for Safe Cosmetics menerbitkan daftar bahaya kesehatan cairan pencuci, mulai dari kanker hingga efek reproduksi dan hormonal terhadap kerusakan ginjal. Jika hal ini terlalu beracun untuk mencuci dengan, apakah Anda benar-benar ingin memasukkannya ke dalam mulut Anda?

Propyl Gallate

Propil gallate, pengawet yang digunakan dalam lemak, muncul dalam sosis pada pizza dan mentega pada popcorn Anda (dan lemak babi, tapi mudah-mudahan Anda tidak makan lemak babi). Ada sangat sedikit diketahui tentang bahan kimia ini, tetapi studi National Toxicology Program link dengan tiroid, hati, dan tumor otak pada tikus dan mencatat bahwa bahan kimia harus lebih baik dipelajari.

Diacetyl

Astaga, diacetyl tampaknya ada dalam segala makanan! Zat ini digunakan untuk membuat mentega atau rasa butterscotch untuk margarin, minyak goreng, coklat, permen, dan keripik, dan banyak makanan lain. Diacetyl juga merupakan produk sampingan alami dari fermentasi, Misalnya dalam produk anggur, bir, cuka, kopi, dan susu.

Diacetyl beracun saat menguap, dengan potensi untuk menyebabkan penyakit pernapasan yang serius dan kerusakan paru-paru permanen. Ia memiliki penyakit sendiri, yang disebut popcorn paru-paru, yang, sementara sangat jarang, tidak dapat diubah dan sering fatal. Orang-orang yang telah menderita jaringan parut dan penyempitan paru-paru membutuhkan transplantasi paru-paru untuk bertahan hidup.

Tunggu, masih ada lagi. Pada tahun 2012, para peneliti di University of Minnesota menerbitkan sebuah studi yang menghubungkan diacetyl penyakit Alzheimer, menunjukkan bahwa kontribusi untuk pembentukan plak amiloid otak-penyumbatan.

Orang yang paling berisiko adalah mereka yang bekerja di pabrik pengolahan makanan dan tempat pembuatan bir. Mereka menghirup uap diacetyl dan berada dalam bahaya. (Kedua OSHA dan Teamsters Union telah mengajukan petisi Kongres untuk melarang zat-zat ini) Beberapa produsen popcorn telah menghapus bahan kimia tersebut setelah gugatan konsumen.

Bacalah label dengan hati-hati. Zat kimia berbahaya mengintai Anda.


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post