Khasiat Bawang Merah yang Jarang Diketahui

Suka Resep Ini? Share Yuk!



Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah pun memiliki khasiat yang jarang sekali diketahu. Apa saja ya khasiat tersebut? Yuk cek disini :)





Menjaga Kekebalan Tubuh

Jika ingin tubuh selalu sehat dan bugar, bawang merah dapat dijadikan suplemen yang sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi jus bawang merah yang dicampur dengan madu dan dikonsumsi sebanyak satu sendok teh secara teratur dapat mengatasi terjadinya influenza, sakit tenggorokkan, bronchitis, dan juga dapat mencairkan dahak pada tenggorokan.

Menurunkan Gula Darah

Bawang merah memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan tersebut seperti antioksidan, vitamin, serta mineral. Tidak hanya itu saja bawang merah juga memiliki kandungan anti virus, anti bakteri, dan anti jamur. Kandungan tersebut sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh penderita diabetes. Jika ingin gula darah turun sangat dianjurkan untuk mengokonsumsi bawang merah.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat bawang merah lainnya yaitu dapat mengontrol kadar kolesterol. Di dalam bawang merah terkandungan zat alicin yang memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol yang ada dalam tubuh. Tidak hanya itu saja bawang merah juga mengandung  sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). 

Jadi jika ingin mengontrol kadar kolesterol kita dapat mengkonsumsi bawang merah mentah secara rutin tetapi disesuaikan juga dengan kondisi kesehatan yang lainnya.

Menyembuhkan Sembelit

Selain dapat mengontrol kolesterol, bawang merah juga bermanfaat untuk menyembuhkan sembelit. Jika pencernaan Anda tidak lancar atau susah buang air besar, bawang merah bisa dijadikan salah satu alternative untuk menyembuhkannya. Hal ini dikarenakan bawang merah memiliki kandungan yang baik untuk menghilangkan racun atau partikel makanan keras yang terjebak pada saluran pencernaan.

Mencegah Kanker

Khasiat yang luar biasa pada bawang merah adalah dapat mencegah terjadinya kanker. Bawang merah memiliki kandungan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk mencegah perkembangan kanker rongga mulut. Tidak hanya mencegah kanker rongga mulut saja, bawang merah juga dapat mencegah kanker hati dan bahkan menghancurkan sel-sel kanker yang ada.


Memelihara Kesehatan Mulut dan Gigi

Dengan mengunyah bawang merah mentah, secara tidak langsung Anda tengah membunuh kuman sumber penyakit yang bersarang di dalam mulut Anda. Karena itu, setiap hari luangkanlah waktu mengunyah bawang merah minimal 2 menit sekali. Hal ini akan membantu memelihara kesehatan mulut dan gigi Anda. Tapi, jangan lupa sikat gigi kamu setelahnya yaa.

Menghilangkan Nyeri Perut

Seringkali ini terjadi pada wanita yang sedang mengalami datang bulan atau haid yaitu nyeri pada perut. Jika Anda mengalami nyeri pada perut, konsumsilah jus bawang merah agar nyeri tersebut segera reda. Bawang merah mengandung senyawa yang bersifat anti-radang. Senyawa ini akan membantu meringankan sakit pada perut Anda.

Mengobati Jerawat

Jerawat adalah musuh terbesar bagi para kaum pria dan wanita karena bisa membuat penampilan menjadi kurang percaya diri. Bawang merah bisa dijadikan obat untuk mengobati jerawat, hal ini dikarenakan bawang merah memiliki kandungan anti-inflamasi dan juga anti bakteri. Dengan menggunakan bawang merah Anda bisa menghentikan peradangan pada bagian jerawat, dan juga dapat menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Cara mengkonsumsinya yaitu dengan menjus bawang merah dan tambahkan madu serta minyak zaitun ke dalamnya. Konsumsi sehari sekali dan lihatlah, jerawat Anda akan hilang dalam tempo waktu yang singkat.


Itulah beberapa khasiat bawang merah yang jarang dketahui. Semoga bermanfaat yaa :)

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post