Kucai : Dari Anti Jerawat Sampai Anti Kanker

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Kekayaan alam Indonesia memang luar biasa. Salah satunya kucai. Dedaunan penambah citarasa masakan ini ternyata juga punya banyak manfaat. Ayo makan kucai! :)





Sebagai Antibiotik

Selain dapat mencegah berkembangnya kanker, kucai juga bermanfaat sebagai antibiotik. Kucai disebutkan banyak mengandung komponen diallyl sulphides yang mampu mencegah oksidasi platelet di dalam darah sehingga bisa berfungsi sebagai antioksidan.

Menurut seorang peneliti dari Negeri Sakura, Jepang, di dalam Kucai juga terkandung zat aliin yang bisa digunakan sebagai antibiotika. Komponen aliin ini merupakan zat yang tidak berbau dan tidak berwarna yang bisa berperan sebagai prekursor alisin yang terbentuk dari hidrolisasi dengan bantuan enzim aliinase.


Menurunkan Hipertensi / Darah Tinggi

Manfaat hebat lainnya dari kucai ini yaitu dapat menurunkan hipertensi / darah tinggi. Hal ini sudah teruji klinis melalui otoritas kedokteran seperti yang pernah dilakukan oleh Sekolah Tinggi Farmasi ITB Bandung yang mengekstrak 240 mg kucai. Esktrak tersebut ternyata mampu menurunkan tekanan darah sistolik sampai 28,67 mmHg dan tekanan diastolik sampai 4,64 mmHg. Kandungan anti-hipertensi dalam bawang Kucai pun luar biasa karena sebanding dengan Atenolol dosis 25 mg yang merupakan zat penurun hipertensi yang seringkali dianjurkan dikonsumsi oleh dokter kepada para penderita hipertensi.


Mencegah Perkembangan Kanker

Manfaat kucai yang pertama adalah kucai dapat mencegah pertumbuhan kanker. Kandungan flavonoid dan sulfur yang terdapat dalam kucai dapat mencegah beberapa jenis kanker, antaralain seperti kanker usus besar, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, dan juga kanker perut. Si ramping kucai dapat melawan radikal bebas yang hasilnya dapat mencegah perkembangan kanker.

Menurut para peneliti didalam kucai terdapat kandungan thiosulfinates yang dapat digunakan untuk melawan sel kanker prostat. Dalam sebuah penelitian dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine (2001) ditemukan bahwa mengonsumsi 12,5 mg kucai perharinya bisa memberikan efek pengurangan resiko kanker paru-paru sampai 40 persen.

Nah, Jika ingin bebas dan ingin mencegah perkembangan kanker konsumsilah si ramping kucai yang satu ini.


Dapat Menurunkan Berat Badan

Kucai memiliki kandungan yang banyak dan juga baik untuk kesehatan tubuh, kandungan tersebut juga dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kucai memiliki kandungan antioksidan, serat, vitamin, kalsium, dan juga mineral yang cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Jadi jika ingin tubuh sehat dan berat badan turun konsumsilah kucai, dan bisa juga lho dijadikan salah satu menu diet Anda. Selamat langsing yaaa. Hehe.


Dapat Mencegah Tumbuhnya Jerawat & Mengatasi Masalah Kulit

Selain bermanfaat hebat untuk kesehatan si ramping kucai juga baik untuk kecantikan, terutama kecantikan pada kulit wajah. Jika ingin wajah Anda selalu cerah dan bebas dari jerawat, Anda bisa mengkonsumsi kucai sebagai obat anti-jerawat. Dalam hal ini kucai memiliki kandungan betakaroten yang sangat bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah sehingga dapat terbebas dari jerawat, tidak hanya itu saja kandungan asupan periodic pada kucaipun mampu mempercerah kulit wajah.

Jika ingin merawat kulit tubuh, Anda juga bisa menggunakan kucai sebagai alternatifnya. Kucai memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi kulit.

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post