Aneka Alternatif Makanan anti-Darah Tinggi

Suka Resep Ini? Share Yuk!



banyak makanan alternatif saat kita menderita darah tinggi
Sering merasa pusing dan mual? Coba cek tekanan darah Anda, Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih. Nah, bila sedang menderita tekanan darah tinggi, dekatilah makanan-makanan ini







  • Bawang Putih
Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu alternatif makanan yang dapat menurunkan darah tinggi. Satu siung bawang putih dapat memberikan efek yang baik, yaitu dapat mencegah pembekuan darah serta penebalan pembuluh darah, dan dapat menghilangkan penyumbatan pada jantung. Jadi jika ingin sehat dan terbebas dari darah tinggi konsumsilah bawang putih. Manfaat bawang putih lainnya bisa dilihat disini.



  • Bauh Beri
Buah Beri

Buah beri memiliki kandungan potasium, serat, dan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah darah tinggi. Untuk dapat mengatasi darah tinggi zat potasium yang dibutuhkan dalam sehari yaitu sekitar 4.700 mg atau sekitar 23 mangkuk buah beri yang dibutuhkan untuk mendapat asupan potasium. Cara mengkonsumsinya bisa dengan menjadikan buah beri menjadi jus yang segar. 

  • Kentang Putih
Kentang Putih

Makanan anti darah tinggi lainnya yaitu kentang putih. Kentang putih kaya akan magnesium dan potasium yang penting untuk kesehatan jantung. Magnesium merupakan kunci penting dalam mempromosikan aliran darah yang sehat. Selain itu, ketika kalium rendah tubuh mempertahankan natrium tambahan (Jika terlalu  banyak sodium akan meningkatkan tekanan darah). Disisi lain, ketika Anda makan diet kaya kalium, tubuh akan menjadi lebih efisien dalam menyingkirkan kelebihan natrium. 

Oleh karena itu, menjaga keseimbangan yang sehat dari kedua mineral tersebut dapat membantu Anda menjaga keseimbangan tekanan darah tinggi.

  • Ketimun
Ketimun

Ketimun juga merupakan makanan alternatif anti-darah tinggi. Kandungan mineral potasium pada ketimun inilah yang memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh yaitu menurunkan tekanan darah tinggi. Cara mengkonsumsinya yaitu bisa dimakan langsung atau juga bisa dibuat menjadi jus ketimun.

  • Buah Pisang
Buah Pisang
Pisang merupakan buah fungsional yang memiliki sumber kalium yang cukup. Jadi pisang juga merupakan alternatif makanan untuk menurunkan darah tinggi. Anda bisa menjadikan pisang sebagai menu camilan sehat sehari-hari. 



  • Gandum
Gandum

Untuk penderita darah tinggi sebaiknya mengganti nasi dengan gandum untuk menu sarapan dipagi hari, karena dengan mengkonsumsi gandum akan lebih baik efektif untuk menurunkan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi gandum secara rutin darah tinggipun tidak akan naik dan tubuhpun sehat.

  • Mengkudu
Mengkudu

Makanan alternatif lainnya untuk pencegah darah tinggi yaitu mengkudu. Mengkudu merupakan buah yang kaya akan gizi dan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral penting yang cukup banyak ada di buah mengkudu dan juga daunnya. Mineral yang ada pada mengkudu salah satunya adalah selenium, yang bermanfaat untuk mencegah ataupun menurunkan darah tinggi dan merupakan antioksidan yang luar biasa.
Klik disini untuk melihat manfaat buah mengkudu lainnya

  • Kedelai
Kedelai

Kedelai juga salah satu alternatif makanan untuk anti-darah tinggi. Kedelai merupakan sumber lain yang sangat baik dari kalium dan magnesium yang baik untuk menurunkan darah tinggi. Anda bisa mengkonsumsi kedelai yang sudah diolah menjadi susu, atapun diolah menjadi tempe dan tahu. Dan juga bisa dikonsumsi langsung kedelai yang sudah direbus.

Kedelai yang sudah diolah menjadi susu juga memiliki manfaat yang sehat bagi penderita darah tinggi. Klik disini untuk melihat manfaat susu kedelai lainnya.

  • Tomat
Tomat

Tomat adalah makanan anti darah tinggi yang kaya akan kandungan kalsium, magnesium, Vitamin C, Vitamin D, dan Vitamin E. Sehingga buah tomat wajib dijadikan salah satu menu makanan penurun darah tinggi. Anda bisa mengkonsumsi tomat secara langsung atapun dibuat menjadi jus segar dengan tambahan buah yang lainnya.


  • Biji Bunga Matahari
Biji Bunga Matahari

Alternatif makanan penurun darah tinggi lainnya yaitu biji bunga matahari atau disebut kuaci. Biji bunga matahari merupakan sumber terbesar magnesium yang baik untuk dijadikan camilan super, karena dapat menjaga kesehatan jantung dan juga menjaga kesehatan pembuluh darah Anda.

Itulah Aneka Alternatif Makanan anti-Darah Tinggi yang Dapat Anda Konsumsi :) Semoga Bermanfaat dan Salam Sehat ")


Dari berbagai sumber


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post