10 Jenis Buah Mangga yang Terkenal di Indonesia & Mancanegara

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Buah mangga ternyata memiliki jenis yang cukup banyak, baik diIndonesia maupun mancanegara. Bentuk dan warnanya juga beragam, tapi rasanya sama enaknya lho. Ada jenis mangga apa saja ya? Yuk simak 10 jenis buah mangga dibawah sini:






Buah mangga ternyata memiliki jenis yang cukup banyak, baik diIndonesia maupun diMancanegara. Mulai dari mangga indramayu sampai mangga yuwan, ciri-ciri, bentuk, dan warnanya memang berbeda tapi rasanya masih tetap sama enaknya. 

Berikut ini kita bisa mengetahui 10 jenis buah mangga yang khas di Indonesia & Mancanegara:


  • Mangga Indramayu

Mangga indramayu termasuk mangga yang sudah sangat terkenal di Indonesia, terutama di daerah Indramayu itu sendiri. Mangga indramayu yang terkenal bernama mangga cengkir indramayu, mangga ini memiliki ukuran yang besar dan daging yang tebal. Rasanya yang enak dan manis inilah yang membuat mangga indramayu lebih terkenal dibanding mangga dari daerah lainnya.

  • Mangga Malgova

Buah mangga malgova juga merupakan salah satu jenis mangga yang ditanam di Indonesia. Mangga ini berbentuk  bulat, sedikit elips seperti bentuk apel. Mangga malgova memiliki warna kulit hijau tua dengan semburat warna merah dan ditutupi lapisan lilin. Daging buahnya cukup tebal, berwarna kuning muda, dan mengandung banyak air. 

Mangga malgova memiliki rasa yang asam apabila masih muda, tetapi jika dipetik saat sudah matang rasanya tidak begitu asam. Mangga ini juga sering kali di ekspor ker negara-negara lain, karena pohon mangga malgova sering kali berbuah.


  • Mangga Chokanan


Jenis buah mangga lainnya yaitu mangga chokanan. Mangga chokanan atau Chauk anan merupakan buah mangga yang berasal dari Thailand. Buah tropis ini memiliki kualitas yang sama baik nya dengan buah mangga jenis lainnya. Memiliki warna kulit yang kuning, dan bentuk besar & panjang serta rasanya yang manis, renyah dan daging yang tebal. Tak heran jika buah mangga chokanan ini sering kali dijumpai dinegara-negara lain.

  • Mangga Manalagi

Mangga manalagi memiliki rasa perpaduan antara mangga golek dan mangga harumanis. Mangga ini memiliki ukuran lebih kecil dari mangga golek, warna kulit buah mangga manalagi yang masih muda hijau dan apabila matang juga masih hijau tetapi agak keabuan.

Kulit mangga yang satu ini juga dipenuhi dengan bintik-bintik putih yang jumlahnya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis mangga lainnya. Mangga ini memiliki rasa yang manis dengan daging yang tebal, padat dan berserat.

  • Mangga Harumanis

Mangga harumanis merupakan mangga yang berasal dari Probolinggo Jawa Timur. Rasanya yang harum dan manis dikala matang inilah yang menajdi ciri khas harum manis sesuai dengan namanya harum dan manis.

Buahnya berbentuk jorong, berparuh sedikit, dan ujungnya meruncing. Buah yang telah tua berkulit hijau tua tertutup lapisan lilin sehingga warnanya seperti hijau kelabu. Pada buah yang sudah masak, pangkalnya berwarna hijau kekuningan dengan ketebalan.



  • Mangga Golek India


Mangga Golek india mempunyai bentuk panjang meruncing tapi tidak berparuh, rasanya manis dan ketika matang kulitnya tetap berwarna hijau. Buah mangga golek india memiliki daging yang tebal rasanya manis dan harum yang tajam, warna kuning tua, lunak, tak berserat, dan jika diiris banyak mengeluarkan air. Mangga golek india ini sudah terkenal di daerah Jawa Barat.

  • Mangga Gedong Gincu

Mangga Gedong gincu berasal dari daerah cirebon, namanya cukup unik, warna kulit serta daging buahnya didominasi dengan warna kuning kemerahan dan tampak mencolok, sehingga tampak cantik dan menarik. Kulitnya tipis bentuknya bulat tanpa lekukan, daging tebal dan berserat halus rasanya manis dan harum. Buah mangga gedong gincu ini juga cukup terkenal dan laris di pasaran luar negeri.

  • Mangga Falan

Mangga falan juga merupakan mangga yang berasal dari Thailand. Buah mangga ini memiliki rasa manis renyah kayak crispy. bentuknya panjang sedikit meruncing dan berwarna hijau. nama lain mangga fa lan adalah mangga thunder. Pohon mangga Falan tumbuh dengan ketinggian relatif rendah, mambentuk kanopi terbuka dan akan mulai berbuah umur 2 tahun dari bibit.

  • Mangga Madu Anggur

Jenis buah mangga lainnya yaitu mangga madu anggur. Pohon mangga madu anggur biasa tumbuh di dataran rendah dan mudah dibudidayakan, Buahnya mempunyai bentuk bulat panjang, agak sedikit berparuh dan berlekuk sedangkan warna kulitnya hijau tua dengan ditandai bintik kelenjar berwarna putih kehijauan dan ditutupi lapisan lilin. 

Dagingnya cukup tebal dan manis. Rasanya benar-benar lezat, segar, dan mantap. 

  • Mangga Endog

Jenis mangga yang terakhir adalah manga endog. Mangga endog memiliki buah yang kecil seperti telur. Buah ini memiliki permukaan kulit yang halus dengan lapisan lilin. Kulitnya berwarna hijau dengan bintik-bintik putih. Sayangnya buah ini memiliki aroma yang kurang dan rasa yang kurang manis. Sehingga buah jenis ini biasa digunakan untuk manisan. 


Nah, itu dia 10 jenis buah mangga yang tidah hanya terkenal di Indonesia melainkan sampai ke mancanegara. Jadi jenis buah mangga mana nih yang disuka? ^^

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post