10 Manfaat Kunyit: Mulai Dari Menurunkan Demam Sampai Mencegah Kanker

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Kunyit ternyata punya manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh lho. Mulai dari menurunkan panas demam sampai mengobati kanker. Mau tahu lebih jelas? Yuk simak 10 manfaat kunyit dibawah ini:







  • Mencegah Anemia
Anemia atau kekurangan darah itu terjadi karena kekurangan zat besi. Untuk mencegah anemia kita bisa memanfaatkan kunyit sebagai alternatif untuk mencegah anemia. Hal ini dikarenakan kunyit mempunyai kandungann zat besi yang cukup tinggi. Cara memanfaatkannya kunyit bisa dijadikan sebagai jamu.

  • Mencegah Terjadinya Diabetes
Manfaat kunyit yang lain yaitu kunyit dapat mencegah terjadinya diabetes. Kunyit mengandung zat kurkumin yang berperan untuk mengurangi resistansi insulin. Karena hal tersebut maka kandungan kadar glukosa dalam darah dapat dikendalikan sehingga dapat mengurangi resiko terserang diabetes.

  • Membantu Masalah Pencernaan
Sebuah studi penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu pelepasan empedu, yang diyakini membantu pencernaan makanan. Kunyit juga dikenal untuk melakukan hal ini dengan cara menstimulasi kandung empedu untuk melepaskan empedu. Empedu memainkan peranan penting untuk pencernaan dalam penyerapan lemak dan vitamin larut lemak dalam usus kecil. 

Penggunaan kunyit untuk mengatasi masalah terkait pencernaan telah disetujui oleh Komisi Penelitian Jerman, dan lainnya juga menunjukkan hal yang sama. 



  • Menurunkan Panas Demam
Selain bermanfaat untuk mencegah anemia dan diabetes, kunyit juga sangat baik untuk membantu menurunkan panas demam. Cara memanfaatkannya sangat mudah yaitu parut saja 20 gram kunyit segar yang telah dibersihkan. Masukkan ke dalam 100 ml air matang panas, aduk perlahan sampai kunyit larut. Tadahkan larutan kunyit pada lap bersih, kemudian buat seperti bungkusan. Peras agar airnya keluar, jangan lupa tampung diatas gelas atau wadah kecil. Minum air perasan kunyit ini sampai suhu panas akibat demam turun.

  • Mencegah Penumpukan Gas / Colitis
Kunyit menenangkan sistem pencernaan bagian atas dengan jalan menyingkirkan gas. Kunyit juga dikenal membantu meningkatkan penyerapan usus, dan mempromosikan flora usus. Colitis adalah salah satu penyakit saluran pencernaan kronis yang kumat-kumatan, dan sulit untuk bisa sembuh total.

Colitis dapat menyebabkan sakit perut , dan ditandai dengan adanya darah dalam tinja. Studi terhadap kunyit untuk perut yang dilakukan kepada pasien dengan kolitis ulserativa, menemukan bahwa pasien yang diberi kunyit memiliki tingkat kekambuhan yang lebih rendah.



  • Mencegah Kanker
Manfaat kunyit yang tidak kalah luar biasa lainnya yaitu dapat mencegah terjadinya kanker. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan zat kurkumin. Kurkumin ini sangat berperan baik untuk menghancurkan sel-sel kanker. Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit juga merupakan antioksidan yang berkhasiat mencegah kerusakan dan mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

  • Mencegah Terjadinya Leukimia

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada konferensi mengenai leukimia yang diselenggarakan di London, memberikan bukti bahwa mengonsumsi makanan dibumbui dengan kunyit bisa mengurangi risiko terkena leukimia.

Prof. Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre, Chicago, IL yang hampir 20 tahun melakukan studi ini. Dalam studinya ia mengatakan bahwa curcumin dalam kunyit dapat :

  1. Menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) (bahan kimia karsinogenik yang diciptakan oleh pembakaran bahan bakar berbasis karbon termasuk asap rokok)
  2. Menghambat radiasi kerusakan kromosom
  3. Mencegah pembentukan amina heterosiklik berbahaya dan senyawa nitroso, yang terdapat pada makanan olahan tertentu, seperti produk daging olahan yang mengandung nitrosamin.
  4. Menghambat perbanyakan sel leukemia dalam kultur sel
  • Menyembuhkan Luka 
Selain mengandung zat kurkumin dan zat besi, kunyit juga mengandung bahan anti-septik dan bahan anti-bakteri. Dengan kandungan zat tersebut, kunyit sangat baik digunakan untuk disinfektan untuk luka biasa maupun luka bakar.

Cara memanfatkan mudah, yaitu parut 1 ruas ibu jari kunyit, tuangkan 1 sendok teh air kapur sirih dan air perasan 1 buah jeruk nipis. Aduk sampai semua bahan tercampur merata. Jadikan obat luar dengan cara membalurkan pada kulit yang terdapat luka.

  • Mencegah Depresi
Depresi juga berkaitan dengan menurunnya fungsi neurotropik yang diturunkan dari otak dan menyusutnya hippocampus, area otak yang berperan dalam belajar dan memori. karena kandungan kunyit memiliki fungsi untuk membantu proses neurotropik ini membuatnya dapat memberikan efek anti depresi.

  • Mencegah Terjadinya Alzaimer
Manfaat kunyit lainnya yaitu dapat mencegah terjadinya alzaimer. Orang yang mempunyai penyakit Alzheimer akan bermasalah dengan ingatan, penilaian, dan berpikir. beberapa penemuan fakar ahli mengatakan bahwa kunyit memiliki kandungan zat anti-inflamasi dan antioksidan, sehingga dengan mengkonsumsi kunyit dapat mencegah penyakit Alzheimer.

Hal ini juga diperkuat dengan sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa kurkumin, konstituen biologis aktif dalam kunyit, dapat mencegah penyakit Alzheimer dengan mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, kunyit juga mempunya manfaat yang baik untuk kecantikan kulit. Salah satu manfaatnya yaitu dapat melawan noda hitam diwajah dengan memanfaatkan kunyit sebagai masker alami.

Itulah 10 manfaat kunyit yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan demam sampai mencegah terjadinya kanker. Semoga 10 manfaat kunyit ini bermanfaat yaa :)

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post