10 Manfaat Makan Coklat Bagi Kesehatan & Kecantikan Tubuh

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Suka dengan coklat? Tapi tahu gak sih coklat itu punya manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh lho. Mau tahu apa saja manfaat makan coklat? Simak yuk dibawah ini:






Kalian suka makan coklat? Tapi sudah tahu belum kalau coklat yang dimakan itu punya manfaat baik bagi kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Tentunya cokelat yang dimaksud adalah cokelat asli yang tidak mengandung banyak gula. Berikut ini beberapa manfaat makan coklat yang wajib diketahui!


  • Meningkatkan Sirkulasi Darah
Manfaat makan coklat yang pertama yaitu dapat meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan coklat memiliki kandungan senyawa flavonoid yang baik bagi kesehatan. Senyawa flavonoid memiliki peran yaitu dapat melebarkan pembuluh darah di dalam otak. Jadi jika ingin meningkatkan sirkulasi darah makan coklat bisa menjadi salah satu alternatifnya.

  • Mengatasi Diare
Coklat juga sangat bermanfaat untuk mengatasi diare. Pada sejarah negara Amerika Selatan dan Eropa abad ke-16 memanfaatkan coklat sebagai obat untuk mengatasi diare. Hal ini juga diperkuat pada penelitian, bahwa para Ilmuwan dirumah sakit anak Oakland Research Institute menemukan bahwa flavonoid pada coklat akan meningkatkan protein yang mengatur sekresi cairan dalam usu kecil yang berpotensi menghentikan diare.


  • Menurunkan Kolesterol Jahat
Manfaat makan coklat lainnya adalah coklat dapat menurunkan kolesterol jahal (LDL) dan akan meningkatkan kolesterol baik pada tubuh. Jadi jika ingin menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh konsumsilah coklat.

  • Penghilang Rasa Kantuk
Jika biasanya kopi hitam menjadi minuman penghilang kantuk, ternyata coklat pun juga bisa dijadikan makanan atau minuman penghilang rasa kantuk. Hal ini dikarenakan coklat memiliki kandungan theobromine dan kafein yang memberikan efek terjaga pada siapa saja yang mengkonsumsinya.

  • Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Selain bermanfaat untuk mengatasi diare dan menurunkan kolesterol jahat. Mengkonsumsi coklat juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Sebuah penelitian di University School of Medicine menyatakan bahwa coklat hitam (dark chocolate) dapat mengurangi resiko penyakit jantung sebanyak 50%. 

Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lebih lambat pada orang yang makan cokelat dibandingkan pada mereka yang tidak. Hal ini penting karena ketika trombosit mengalami pembekuan dapat terbentuk dan blok bekuan dalam pembuluh darah ini yang kemudian dapat menyebabkan serangan jantung.



  • Menurunkan Hipertensi
Coklat yang lezat dan enak ini ternyata juga dapat dijadikan obat penurun hipertensi atau darah tinggi. Kandungan zat flavonoid inilah yang berperan sebagai antioksidan yang bersifat menurunkan tekanan darah dan dapat menyeimbangkan hormon di dalam tubuh. Jadi jangan lupa makan coklat yaa^^

  • Penambah Mood
Jika sedang stress atau merasa tidak nyaman dengan suasana atau badmood cara mengatasinya bisa dengan mengkonsumsi sebuah coklat. Kandungan senyawa serotonin yang ada dalam coklat berperan sebagai anti depresan alami. Jika ingin memingkatkan mood maka jangan lupa untuk mengkonsumsi coklat.

  • Menurunkan Berat Badan
Coklat sering kali dimusuhi oleh wanita yang sedang melakukan diet. Padahal coklat sendiri dapat memberikan manfaat baik yaitu dapat menurunkan berat badan. Dengan tetap menjaga pola makan, coklat juga bisa dijadikan slaha satu menu diet. Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen ini menghasilkan penemuan bahwa coklat hitam memberikan perasaan yang lebih kenyang daripada coklat putih. Ini artinya cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

  • Memperpanjang Umur
Coklat dapat memperpanjang umur seseorang lebih lama satu tahun dibandingkan yang tidak mengkonsumsi coklat. Hal ini karena coklat memiliki kandungan katekin yang sangat berkhasiat untuk memperpanjang umur seseorang.

  • Menghambat Penuaan Dini
Bagi wanita hal yang ditakutkan adalah penuaan dini. Untuk mencegah atau menghambat hal itu terjadi dengan mengkonsumsi coklat merupakan salah satu caranya. Anda bisa dengan mengkonsumsi coklat secara langsung ataupun menjadikan coklat sebagai masker alami.

Itulah 10 manfaat makan coklat yang baik bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Jadi jangan lupa untuk konsumsi coklat :)

Dari berbagai sumber



Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post