12 Makanan dan Minuman Sehat Pencegah Diabetes

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Makanan dan minuman sehat ini akan membantu mencegah terjadinya diabetes lho. Jadi jika mau sehat dan kadar gula teratur konsumsi makanan dan minuman sehat ini ya :)






  • Kacang Kenari

Makanan sehat pencegah diabetes yang pertama adalah kacang kenari (walnut). Walnut atau kacang kenari mengandung asam lemak tak jenuh bernama alfa-linolenik yang dapat menurunkan peradangan. Kandungan serat, L-arginin, omega-3, vitamin E, dan senyawa fitokimia yang ada pada kacang kenari ini berkhasiat untuk mencegah perkembangan kondisi kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

Hal ini diperkuat oleh adanya sebuah penelitian dari Yale University yang diterbitkan dalam jurnal “Diabetes Care”, 2009, menunjukkan bahwa konsumsi walnut sebanyak 56 gram selama 8 minggu dapat memberbaiki fungsi pembuluh darah yang rusak akibat diabetes.


  • Ikan

Untuk mencegah diabetes bisa juga dengan mengkonsumsi beberapa jenis ikan. Hal ini dikarenakan ikan mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Ikan juga membantu menurunkan konsentrasi glukosa sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes.

Beberapa jenis ikan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah diabetes yaitu ikan salmon, ikan lele, dan ikan nila. Sebaiknya ikan jangan digoreng, lebih baik dipanggang atau dikukus/tim.

  • Buah Apel


Buah apel juga merupakan salah satu makanan sehat pencegah diabetes. Apel memiliki kandungan anthocyanin yang dapat membantu menyeimbangkan gula darah di dalam tubuh. Tak heran jika buah apel dapat dijadikan makanan sehat yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  • Buah Mengkudu


Buah mengkudu mampu membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.  Buah mengkudu dikenal sebagai triterpen dan saponin yang kaya akan vitamin dan protein, jadi untuk membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah diabetes sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah mengkudu. 

  • Sayur Bayam

Sayuran hijau seperti bayam merupakan makanan sehat pencegah diabetes yang kaya akan klorofil. Klorofil pada sayuran hijau berfungsi sebagai zat antioksidan yang baik untuk tubuh. Sayur bayam dan sayuran hijau yang lain juga memiliki kandungan zat lutein yang bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan mata.

Hal ini dikarenakan pada umumnya penderita diabetes mengalami gangguan penglihatan, terutama pada penderita diabetes menahun. Sebuah peneliti asal Inggris, seperti dilansir Indiatimes menunjukkan bahwa sayur bayam dan sayuran hijau lainnya dapat menurunkan resiko terserang diabetes sebanyak 14%. Sehingga tak ada ruginya kalau sayur bayam diolah menjadi berbagai makanan untuk menu sehari-hari.



  • Oatmeal


Selain buah dan sayuran, oatmeal juga merupakan salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Oatmeal memang memiliki kandungan karbohidrat, tetapi kandungan karbohidrat ini tidak akan menyebabkan kadar gula tinggi. 

Serat yang ditemukan dalam oatmeal/gandum yakni beta-glukan telah menunjukkan efek positif terhadap penderita diabetes. Oatmeal menawarkan serat larut yang dapat memperlambat penyerapan glukosa dari makanan di perut  dan dapat mengontrol gula darah.

  • Kayumanis

Salah satu studi dalam jurnal “Diabetes Care” menyebutkan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi satu gram kayu manis atau lebih secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar gula puasanya sebesar 30% dibandingkan mereka yang tidak

Hal ini dikarenakan kayu manis kaya akan kromium, mineral yang meningkatkan efek insulin. Kayu manis juga mengandung polifenol, antioksidan pelawan radikal bebas dan mampu menurunkan inflamasi.

  • Teh Hijau


Teh hijau tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga baik untuk mencegah diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peradangan kronis yang disebabkan oleh makanan berlemak, kurang olahraga, dan kurang makan buah, sayur, dan lemak baik, diketahui dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan diabetes. Terkait dengan masalah ini, minum teh hijau adalah solusi sederhana untuk mencegahnya. Teh hijau memiliki kandungan  flavonoid yang merupakan pelawan inflamasi dan dapat meningkatkan aktivitas insulin.

  • Buah Jeruk
Buah jeruk mengandung serat dan vitamin C dalam jumlah tinggi. Buah ini mengandung gula alami fruktosa yang tidak meningkatkan gula darah secara signifikan setelah dikonsumsi. Kandungan Fiber yang terkandung pada buah jeruk ini juga dapat membantu mengontrol gula darah. 

  • Beras Merah


Beras merah mengandung vitamin yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi/beras putih. Selain itu beras merah juga kaya akan kandungan magnesium, vitamin B, serta zat besi yang baik bagi kesehatan tubuh. Mengganti nasi putih dengan nasi merah dapat mencegah atau menekan resiko diabetes tipe 2.

  • Susu dan Yogurt Rendah Lemak


Penelitian dari University of Cambridge bahkan menunjukkan bahwa konsumsi yogurt rendah lemak dapat menurunkan risiko terkena diabetes hingga 28% dibandingkan tidak memakannya sama sekali. Peneliti juga meyakini bahwa mikroba di dalam yogurt bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang sering dialami penderita diabetes.

Selain gula, lemak juga menjadi hal yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes. Banyak penderita menderita diabetes tipe 2 karena timbunan lemak jahat di tubuh yang menyebabkan tubuh tidak peka terhadap insulin.

  • Buah Strawberry

Buah strawberry punya warna merona dan bentuk yang menyenangkan. Sebagai buah yang belakangan ini dibudidayakan para petani, strawberry mengandung bahan yang mengaktifkan protein untuk mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, strawberry juga mencegah penyumbatan di dalam darah dan membantu menurunkan gula darah di dalam tubuh.


Nah, itu tadi 12 makanan dan minuman sehat yang dapat mencegah serta menekan resiko diabetes. Tidak hanya mengkonsumsi makanan sehat saja, tetapi kita juga harus hidup sehat dan rajin berolah raga.

Semoga 12 makanan dan minuman sehat pencegah diabetes ini bermanfaat :) Salam Sehat^^

Dari berbagai sumber


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post