4 Tips Menghilagkan Bau Amis Pada Ikan Lele!

Suka Resep Ini? Share Yuk!



Bagaimana ya cara menghilangkan bau amis pada ikan lele? Ke 4 tips ini akan membantu bunda dalam mengatasi bau amis pada ikan lele. Semoga bermanfaat dan happy cooking :)







  • Mencuci Bersih Ikan Lele

Ikan lele yang sudah dibeli sebaiknya dicuci bersih secepatnya, agar lendir pada ikan lele hilang. Cuci diatas air bersih yang mengalir. Potong sirip lele yang berada di kanan kiri insangnya. Sirip tajam tersebut menyimpan racun yang bisa membuat tangan terluka. Pencucian yang bersih akan membuat ikan lele terhindar dari bau amis.


  • Teknik Penyayatan Yang Benar
Ketika ikan lele hendak dimasak  cobalah untuk selalu gunakan teknik menyayat yang benar yaitu dengan cara menyayatnya dari bagian belakang kepala sampai belakang ekornya mengikuti alur garis tulanngnya. Bukan hanya itu saja, menyayat dengan cara tersebut membantu penyerapan bumbu lebih cepat dan ikan lebih cepat crispy/kering ketika digoreng.


  • Membersihkan Jeroan
Cara yang ketiga yaitu dengan membersihkan jeroan dan perut ikan lele sebelum dibumbui sebersih mungkin, pasalanya jeroan tersebut bisa menjadi biang kerok bau tanah pada ikan. Caranya yaitu dengan buat keratan kira-kira 0,5 - 1 cm di belakang patil ikan lele sampai terlihat kantung kelenjarnya. Keluarkan kantung kelenjar yang bewarna kehitaman. Usahakan jangan sampai pecah, lakukan pada dua sisi patilnya.


  • Pemberian Bumbu Masakan
Agar ikan lele tidak bau amis, kita bisa memberikan bumbu dapur untuk membuatnya tidak amis lagi. Rendam ikan lele pada bumbu seperti bawah merah, garam, jeruk lemon/nipis, kunyit, serta ketumbar. Beri sedikit air agar ikan lele terendam bumbu dengan rata. Lakukan perendaman selama kurang lebih 15 menit.

Itu tadi 4 tips menghilangkan bau amis pada ikan lele. Semoga bermanfaat yaa bun ^^

Dari berbagai sumber

Yuk Masak Lele dengan Aneka Resep Spesial. Klik resep-resepnya di bawah ini.
Lele Goreng Keriting 
Lele Bakar Sambal Kecombrang
Mangut Lele
Pempek Ikan Lele

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post