6 Manfaat Jamur Kuping yang Jarang Diketahui

Suka Resep Ini? Share Yuk!



Jamur kuping yang biasa kita temukan dalam masakan seperti sup kimlo ternyata punya manfaat baik yang jarang diketahui lho. Apa saja ya manfaat jamur kuping? Yuk simak penjelasannya dibawah ini:






Jamur kuping (Auricularia auricula) merupakan salah satu kelompok jelly fungi yang masuk ke dalam kelas Basidiomycota dan mempunyai tekstur jelly yang unik. Disebut jamur kuping karena bentuknya yang sama seperti kuping.telinga. Jamur kuping sering kali dijadikan bahan masakan seperti sup, bukan karena rasanya saja yang enak tetapi juga karena manfaat atau khasiat jamur kuping ini baik untuk kesehatan lho.

Berikut ini manfaat jamur kuping yang jerang diketahui:


  • Menurunkan Tekanan Darah
Jamur kuping memiliki kandungan kalsium, zat gizi, thianin, riboflavin, dan niacin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsinya bisa dijadikan sebagai makanan matang atau juga dengan memanfaatkan lendir jamur merang.

  • Mencegah Anemia
Anemia atau kekurangan darah dapat dicegah salah satunya dengan mengkonsumsi jamur kuping. Zat besi yang terkandung dalam jamur ini sangat tinggi dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya, jadi tak salah jika jamur kuping dapat mencegah terjadinya anemia.

  • Penangkal  Racun
Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata jamur kuping juga bisa dijadikan ramuan pengobatan untuk menangkal atau menonakktifkan racun dalam tubuh. Dinegara Cina sendiri jamur kuping selalu dijadikan tambahan ramuan masakan, dengan tujuan untuk menangkal racun yang terbawa dalam makanan.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol
Jamur kuping mengandung protein tanpa lemak, nol kolesterol, dan kandungan karbohidrat yang sangat rendah. Serat dan enzim tertentu pada jamur kuping juga akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kandungan protein yang tinggi pada jamur ini membantu membakar kolesterol saat dicerna. 



  • Kaya Akan Kalsium Tinggi
Jamur kuping memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi yaitu 2 kali lipat dari kalsiu yang dihasilkan oleh susu. Kandungan kalsium yang tinggi tersebut sangat berguna bagi kesehatan, terutama dalam proses pertumbuhan anak – anak. Kalsium diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi dan pembekuan darah.

Jadi jika ingin kebutuhan kalsium tercukupi jangan lupa untuk mengkonsumsi jamur kuping. Boleh dijadikan sebagai hidangan masakan apapun sesuai kebutuhan.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh
Manfaat jamur kuping lainnya yaitu jamur kuping dapat meningkatkan imunitas tubuh. Ergothioneine, adalah antioksidan kuat yang ada dalam jamur, salah satunya ada dalam jamur kuping. Zat ini sangat efektif untuk memberikan perlindungan dari radikal bebas serta meningkatkan kekebalan tubuh. 


Itulah beberapa manfaat jamur kuping yang jarang diketahui. Jadi jangan lupa untuk konsumsi jamur kuping yaa jika ingin sehat^^ Tapi tak semua jamur bisa dimakan ya!

Beberapa jamur ini ada yang tidak boleh dimakan, klik link ini untuk membacanya. Jangan sampai tertukar :) Semoga bermanfaat ^^

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post