Wow, Banyaknya Manfaat Lobak Putih!

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Lobak putih adalah sayuran yang sama seperti wortel, hanya saja bentuknya lebih besar dan berwarna putih. Sayuran khas Tiongkok ini ternyata punya manfaat yang banyak lho! Mau tahu apa saja? Yuk simak penjelasannya disini:







  • Menyembuhkan Penyakit Liver
Menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa lobak putih membantu penyembuhan masalah yang terjadi pada liver. Lobak putih dapat membantu menjaga kenormalan fungsi dari liver. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam lobak putih dapat mendetoksifikasi liver dan juga bermanfaat mengatur empedu dan bilirubin.

Selain itu lobak putih juga bisa membantu pelepasan enzim – enzim yang nantinya akan membantu mencegah liver dari serangan infeksi yang mungkin terjadi serta membantu mengobati luka ataupun bengkak yang terdapat pada liver.

  • Mengobati Penyakit Asma
Lobak putih memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengobati dan mengurangi penyakit asma. Jadi jika ingin mengobati asma jangan lupa untuk mengkonsumsi lobak putih, bisa dengan dimasak dan juga dibuat minuman hangat. 

Caranya mudah, siapkan 200 gram umbi lobak, lalu di jus tambahkan 50 cc jus jahe rebus hingga mendidih, dan tambahkan madu diminum airnya selagi hangat.

  • Menyembuhkan Demam
Lobak putih dapat digunakan untuk meredakan demam. Lobak putih ini bisa menurunkan suhu tubuh serta menyembuhkan peradangan yang menjadi penyebab demam. Memanfaatkan lobak putih untuk mengobati demam ini bisa dengan dijus lalu dicampurkan garam secukupnya dan diminum. 

  • Menghilangkan Detoksifikasi / Racun dalam Tubuh
Lobak putih merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung air, sehingga sayuran ini sangat baik untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi lobak secara teratur bisa menjadi peluru untuk menghilangkan racun dalam tubuh, terutama racun dalam perut, hati, dan juga racun dalam pembuluh darah.

  • Mencegah Anemia
Anemia bisa terjadi oleh siapa saja, terutama pada ibu yang sedang hamil. Sepanjang kehamilan pasti mengalami anemia. Untuk mencegah hal itu terjadi, lobak putih bisa dijadikan salah satu solusinya. Lobak putih memiliki kandungan RNA yang banyak memberikan keuntungan pada ibu hamil. Jadi jangan lupa untuk mengkonsumsi lobak selama kehamilan sesuai anjuran dokter.

  • Efektif Mengobati Jamur
Lobak putih diketahui bisa membunuh pertumbuhan jamur yang tidak terkendali di dalam tubuh. Hal ini karena lobak putih mengandung enzim diastase, amylase, mirosinase serta enzim esterases yang dapat berguna untuk membunuh jamur – jamur yang pertumbuhannya berlebihan. Selain untuk membunuh jamur pada tubuh, enzim – enzim tersebut juga memiliki manfaat untuk melenyapkan zat – zat berbahaya, virus – virus, dan juga parasite – parasite yang ada di dalam tubuh.



  • Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat lobak putih lainnya adalah dapat menurunkan tekanan darah. Lobak putih memiliki kandungan potasium dan vitamin B yang berperan baik untuk menurunkan atau menstabilkan tekanan darah. Cara memanfaatkan nya yaitu dengan menjadikannya minuman.

Caranya yaitu siapkan 100 gram umbi lobak segar dijus, diminum 2 kali sehari setiap kali minum 150 gram.  Atau 100 gram umbi lobak dan 1 buah apel diparut lalu diambil airnya. Gunakan air tersebut untuk memblender 75 gram seledri, tambahkan air perasan jeruk mandarin dan gula pasir secukupnya

lalu diminum secara teratur.

  • Mencegah Penuaan Dini
Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, lobak putih juga sangat bermanfaat baik untuk kecantikan, salah satunya untuk mencegah penuaan dini. Sayur lobak mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit, vitamin ini membuat kulit terlihat lebih muda. Dengan mengkonsumsi sayur ini secara rutin dapat membantu tubuh memperbaiki sel kulit yang rusak dan terhindar dari penuaan dini.

  • Menurunkan Berat Badan
Masalah berat badan berlebih bagi sebagian orang memang sangat menjengkelkan, tak heran jika banyak sekali metode-metode untuk menguruskan badan atau diet. Salah satunya yaitu menjaga pola makan yang sehat. Lobak putih merupakan sayuran yang kaya akan serat dan air. Kandungan ini berperan untuk memberikan rasa kenyang lebih lama jadi cocok untuk dijadikan salah satu menu diet.

Cara mengkonsumsinya mudah, hanya dijadikan minuman segar saja. Siapkan 200 gram umbi lobak, 200 gram umbi wortel di jus lalu diminum.

  • Mengurangi Resiko Cacat Pada Bayi
Manfaat lobak putih yang tak kalah baik yaitu mampu mengurangi terjadinya kecacatan pada bayi. Ibu hamil yang mengkonsumsi lobak putih setiap hari selama masa kehamilannya dapat memperkecil resiko terjadinya cacat pada bayi yang akan dia lahirkan nanti. Cara memanfaatkannya bisa dijadikan masakan dan juga minuman segar.

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh / Imun
Selain baik untuk mengurangi resiko cacat pada bayi, mengonsumsi lobak putih juga sangat disarankan karena bisa memperkuat sistem kekebalan / imun dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena lobak putih memiliki kandungan kalium yang membantu fungsi otot dan saraf.

  • Melembabkan dan Memutihkan Wajah
Lobak putih juga baik untuk kecantikan kulit wajah, untuk kulit yang kering, kusam, dan berjerawat bisa memanfaatkan lobak sebagai obat kecantikan alami. Kandungan seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc pada lobak putih sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit anda. Kandungan air yang cukup banyak di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan sehat. 

Lobak putih juga bisa mencerahkan dan memutihkan wajah. Caranya cukup dengan menjadikan lobak putih menjadi masker alami.

Nah, itulah beberapa manfaat lobak putih yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Semoga bermanfaat yaa :)

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post