10 Makanan Lezat & Sehat Berprotein Tinggi untuk Diet

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Melakukan diet tinggi protein dapat membantu menjinakkan rasa lapar, sehingga dapat menurunkan berat badan. 10 makanan lezat dibawah ini memiliki kandungan protein yang baik untuk dijadikan menu diet. Ada apa saja ya?






  • Tahu


Tahu merupakan salah satu makanan lezat dan sehat yang mengandung protein tinggi yang baik untuk menu diet. Tak heran jika banyak orang yang suka dengan tahu, selain murah juga dapat menyehatkan. Dalam 4 ons tahu mengandung 100 gram protein yang dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh.

Cara mengkonsumsi tahu agar protein yang didapat sempurna sebaiknya jangan digoreng, lebih baik dikukus atau dipanggang.


  • Telur


Makanan lezat dan sehat lainnya yang mengandung protein tinggi untuk diet adalah telur. Protein dalam telur memiliki kualitas yang sangat tinggi karena asam amino esensial yang dimilikinya hampir ideal untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan untuk membantu dalam program diet protein. Dalam satu telur yang berukuran besar mengandung sekitar  6.3 gram protein hewani, yang terdiri dari 3.6 gram protein dalam putih dan 2.7 gram protein dalam kuning telur. 

Bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya mengkonsumsi putih telurnya saja. Walapun kuning telur mengandung kolesterol tetapi kuning telur juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin D yang sangat baik untuk tulang. 

  • Ikan Laut

Jenis ikan laut umumnya mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung, selain itu ikan memiliki kandungan lemak dan kolesterol lebih rendah jika dibandingkan dengan daging sapi ataupun daging kambing. 

Tak hanya omega-3 saja, ikan laut juga mengandung protein yang tinggi. Dalam 3 ons ikan tuna mengandung 22 gram protein, sedangkan ikan salmon mengandung 19 gram protein dalam 3 ons nya. 

  • Susu Rendah Lemak (Low Fat)


Makanan lezat dan sehat lainnya yang berprotein tinggi yaitu susu rendah lemak. Protein dalam susu rendah lemak lebih banyak dan baik dari protein telur. Dalam 1 cangkir susu low-fat mengandung 8 gram protein dan dalam 1 cangkir susu kedelai mengandung 6-10 gram protein, Tidak hanya protein saja, susu juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk pertumbuhan.

Jadi jangan lupa untuk mengkonsumsi susu rendah lemak ini dalam program diet protein yang sedang dijalani.

  • Daging Sapi (Sirloin)


Daging sapi bagian sirloin adalah daging yang berasal dari bagian belakang sapi. Daging sapi ini juga merupakan makanan sehat yang mengandung banyak protein. Sirloin ini hampir tidak mengandung lemak. Harga Sirloin umumnya lebih murah dibandingkan daging steak lainnya.



  • Yogurt

Yogurt merupakan susu yang difermentasikan. Yogurt ini memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, selain itu yogurt juga merupakan sumber protein yang tinggi. Dalam 1 cangkir yogurt terdapat 8-12 gram protein.

Program diet protein juga menganjurkan untuk mengkonsumsi yogurt, karena yogurt merupakan salah satu makanan lezat yang memiliki kandungan karbohidrat yang baik.



  • Kacang Kedelai


Kacang kedelai juga merupakan salah satu makanan lezat yang memiliki protein tinggi. Dalam secangkir kacang kedelai mengandung kurang lebih 29 gram protein. Kacang kedelai juga rendah lemak serta mengandung phytochemical seperti isoflavon, asam phytc dan saponin. Kandungan ini baik untuk mengurangi potensi terkena penyakit jantung, osteoporosis dan kanker.

Untuk yang sedang menjalan program diet protein bisa mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang kedelai ini. Bisa dengan dimakan sebai kacang rebus atau diolah menjadi susu kedelai. Yuk lihat manfaat susu kedelai disini.


  • Sayuran

Sayuran juga merupakan makanan lezat yang bisa dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalakan diet protein. Jenis sayuran yang bisa dikonsumsi untuk menu diet seperi asparagus, dalam setengah cangkir aspatagus mengandung 2 gram protein. Bayam, dalam satu cangkir bayam mengandung 3 gram protein. Brokoli mengandung 5 gram protein dalam satu cangkirnya, kembang kol mengandung 3gramm protein per porsi, dan dalam per porsi jagung manis mengandung 3 gram protein.

Untuk mengkonsumsinya sebaiknya di rebus atau dikukus.

  • Ayam


Yang sedang menjalakan program diet protein juga dibolehkan untuk memakan daging ayam. Hal ini dikarenakan ayam memiliki kandungan protein yang tinggi. Konsumsilah bagian dada karena dalam 3 ons dada ayam mengandung 35 gram protein.
  • Gandum


Makanan lezat untuk diet protein lainnya yaitu gandum. Gandum adalah sumber protein nabati yang baik, dan jenis gandum yang paling banyak mengandung protein adalah kinoa, yaitu sejenis biji-bijian dari Amerika Selatan. Selain protein, kinoa juga mengandung semua nutrisi asam amino yang dibutuhkan tubuh. Secangkir kinoa mengandung 18 gram mprotein dan 9 gram serat. Bentuk gandum lain yang bisa  dikonsumsi pada saat diet adalah roti gandum dan nasi merah.

Nah, itulah 10 makanan lezat dan sehat yang punya protein tinggi sehingga cocok untuk yang sedang menjalakan diet. 

Semoga bermanfaat dan Happy Healthy

Dari berbagai sumber


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post