4 Tips Memotong Ayam Menjadi Beberapa Bagian (+Video Tutorial)

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Hal pertama saat membeli ayam utuh adalah memotongnya. Agar potongan ayam rapi dan benar ikuti 4 tips dibawah ini yuk! Tips ini akan membantu bunda dalam memotong ayam menjadi beberapa bagian, mulai dari 6 bagian sampai 12 bagian ayam.





1. TIPS MEMOTONG AYAM MENJADI 6 BAGIAN



Tips yang pertama ini adalah cara memotong ayam menjadi 6 bagian. Sangat mudah dan lebih praktis.



  1. Pertama letakkan ayam diatas talenan plastik/kayu, dengan posisi bagian dada ayam menghadap keatas.
  2. Kedua  rentangkan atau lebarkan posisi sayap dan kaki ayam.
  3. Gunakanlah pisau yang berukuran besar dan tajam. Mulailah memotong ayam dari bagian tengah ayam antara bagian paha dan dada.
  4. Potong bagian paha ayam menjadi 2 bagian, kemudian potong juga bagian dada menjadi 4 bagian. Sehingga jumlah ayam menjadi 6 potong.


2. TIPS MEMOTONG AYAM MENJADI 8 BAGIAN


Tips yang kedua ini adalah cara memotong ayam menjadi 8 bagian. Sedikit lebih rumit dari cara memotong 4 bagian 


  1. Letakkan ayam diatas talenan plastik/kayu, dengan posisi bagian dada ayam menghadap keatas dan punggung menempel pada talenan. 
  2. Rentangkan atau lebarkan posisi sayap dan kaki ayam untuk menentukan posisi sendi anatar sayap dan dada ayam. Jangan lupa gunakan pisau yang tajam untuk memotong bagian sendi tersebut untuk memisahkan sayap dari dada. Lakukan yang sama pada sayap lainnya.
  3. Tarik paha ayam dari badan untuk melihat sendi tempat paha melekat. Untuk memisahkan seluruh kaki, pertama, iris kulit antara paha dan dada. 
  4. Iris kulit sambil menarik terus paha dan gerakkan sedikit untuk menentukan di mana pertemuan paha dan soket di belakang . Gunakan pisau boning (khusus memotong tulang) atau pisau pengupas untuk memotong sendi agar paha dan dada terpisah. Ulangi pada paha lainnya.
  5. Letakkan paha dengan kulit berada di bawah menempel pada talenan. Tekuk  untuk melihat posisi sendi antara paha atas dan paha bawah berada. Carilah garis tipis lemak yang tegak lurus terhadap paha ayam. Potong melalui garis lemak untuk memisahkan paha atas dan paha bawah, geliatkan sendi seperlunya untuk menentukan posisi pastinya. Ulangi dengan paha lainnya.
  6. Untuk menghilangkan tulang punggung, mulailah dari ujung kepala ayam dan potong melalui tulang rusuk pada satu sisi tulang punggung dengan pisau tajam. Ulangi pada sisi lain tulang punggung untuk melepaskan tulang sepenuhnya. 
  7. Untuk memotong dada menjadi dua bagian, letakkan dada ayam dengan kulit berada di sisi bawah sehingga dada terlihat. Tekan agak kuat untuk memotong tulang dada yang berwarna kemerahan dan tulang rawan yang putih, posisinya tepat di tengah-tengah dada ayam. Gunakanlah pisau tajam dan tebal atau pisau daging.


3. TIPS MEMOTONG AYAM MENJADI 10 BAGIAN


Tips yang ketiga ini cara memotong ayam menjadi 10 bagian. Lebih banyak potongan maka lebih panjang pula caranya :)


  1. Letakkan ayam diatas talenan plastik/kayu, dengan posisi bagian dada ayam menghadap keatas dan punggung menempel pada talenan. Tarik salah satu kaki nya menjauh dari badan dan potong di bagian paha dalamnya, begitu juga dengan paha bawah. Lakukan hal yang sama pada bagian lainnya.
  2. Untuk mempermudah pemotongan coba lekukkan pergelangan paha dalam si ayam kearah yang berlawanan sampai tulang berpisah baru potong ditengah-tengah patahan daging yang mengelilinginya. Lakukan juga pada bagian lainnya.
  3. Letakkan paha ayam diatas talenan, dengan bagian dalam dari ayam menghadap kebawah. Potong dipergelangan antara paha dan betis.
  4. Untuk memotong sayap caranya pegang sayap ayam dan pegang juga punggung ayam, lalu potong sayapnya sedikit kedalam dari pergelangan sayap. Lakukan hal yang sama di sisi lainnya.
  5. Pada bagian badan ayam, caranya yaitu belah dua sisi badan ayam secara vertikal dari bahu ke bawah.. lakukan juga pada sisi lainnya.
  6. Tarik dada ayam berlawanan dengan punggungnya lalu potong tulang dibagian bahunya.

4. TIPS MEMOTONG AYAM MENJADI 12 BAGIAN

Tips yang terakhir yaitu memotong ayam menjadi 12 bagian. Potongan ayam menjadi lebih kecil tetapi ayam yang dihasilkan banyak :D 


  1. Letakkan ayam diatas talenan plastik/kayu, dengan posisi bagian dada ayam menghadap keatas dan punggung menempel pada talenan. 
  2. Rentangkan atau lebarkan posisi sayap dan kaki ayam untuk menentukan posisi sendi anatar sayap dan dada ayam. 
  3. Potong bagian paha bawah.
  4. Setelah itu pisahkan dada dan punggung ayam.
  5. Belah menjadi tiga bagian, sisihkan tulangnya.
  6. Belah dada ayam menjadi dua bagian, kemudian potong menjadi tiga bagian
Agar lebih jelas dan semakin paham, lihat video tutorial memotong ayam menjadi 12 bagian dibawah ini yaa :)


Nah, itulah 4 tips memotong ayam menjadi beberapa bagian yang bisa bunda praktikan dirumah :) Selamat mencoba dan happy cooking^^


Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post