7 Manfaat Sayur Oyong Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Sayur oyong ternyata memiliki manfaat yang luar biasa yang jarang orang ketahui, karena kebanyakan orang kurang menyukai sayuran ini. Berikut ini ada 7 manfaat sayur oyong yang baik untuk kesehatan dan kecantikan:




  •  Dapat Menyembuhkan Penyakit Asma
 Sayur oyong ini dipercaya sebagai salah satu jenis sayuran yang dapat menghilangkan penyakit asma. Untuk menghilangkannya dengan cara mengkonsumsi oyong secara teratur, meskipun tidak sepenuhnya menyembuhkan penyakit asma namun paling tidak dapat meringankan penyakit asma.

Cara mengkonsumsinya bisa dengan dibuat jus atau sayur. Untuk mengolahnya menjadi jus cukup mudah, pilihlah oyong yang masih muda, cuci bersih lalu blender oyong hingga menjadi jus, kemudian bisa tambahkan gula dan air secukupnya. Minumlah jus oyong 2 kali sehari, untuk membantu menyembuhkan penyakit asma.

  • Membantu Melancarkan Pencernaan
Oyong juga bermanfaat melancarkan pencernaan, hal ini dikarnakan sayur oyong bisa dijadikan sebagai obat diare alami. Dengan mengkonsumsi oyong secara rutin akan membantu mencegah sembelit dan dapat meningkatkan sistem pencernaan yang baik.

  • Mengobati Cacingan
Penyakit cacingan dapat diobati dengan cara mengkonsumsi sayur oyong, bagian sayur oyong yang dapat mengobati cacingan yaitu dibagian bijinya.Cara mengolah biji oyong sebagai obat cacingan yaitu sebagai berikut:

Tumbuklah biji oyong hitam hingga halus, setelah ditumbuk seduh dengan air panas, minum larutan ini 1 kali sehari hingga penyakit cacingan itu hilang.

  • Mencegah Penyakit Diabetes
Selain bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengobati cacingan, sayur oyong juga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan sayur oyong mengandung senyawa cucurbitasin yang mampu membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Cara mengkonsumsinya yaitu, panggang oyong hingga kering lalu tumbuk sampai halus, setelah itu larutkan bubuk oyong dengan air panas, dan dikonsumsi 1-2 kali sehari.


  • Dapat Mengobati Hipertensi
Sayur oyong memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit hipertensi. Banyak orang mengira bahwa vitamin C hanya terdapat di buah jeruk saja tetapi sayur oyong juga mengandung vitamin C, mengkonsumsi 100 gr sayur oyong mengandung 8 mg vitamin C bagi tubuh.


  •  Membantu Menurunkan Berat Badan
Seperti sayuran lain, sayur oyong juga termasuk rendah lemak jenuh, rendah kolestrol, serta rendah kalori. Sayur oyong juga memiliki kandungan air, mineral, vitamin dan serat yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Dengan mengkonsumsi sayur oyong secara teratur dapat membantu berat badan. Jadi jangan lupa untuk menjadikan sayur oyong sebagai menu diet.

  • Baik Untuk Perawatan Kulit
Selain baik untuk kesehatan sayur oyong dapat dimanfaatkan sebagai perawatan kulit. Oyong dapat digunakan sebagai spon untuk membersihkan kulit pada saat mandi karena spon dari oyong mampu menghilangkan sel-sel kulit mati serta melancarkan peredaran darah kekulit.

Selain oyongnya yang bisa dibuat spon, biji oyong juga bisa diolah menjadi bubuk yang digunakan untuk perawatan kulit, jika digunakan secara teratur maka kulit akan bersih dan sehat.

Itulah 7 manfaat sayur oyong untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi jangan lupa mengkonsumsi sayur oyong :) Semoga bermanfaat^^

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post