Benarkah Makanan dan Minuman Ini Menyebabkan Kista?

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Banyak yang masih belum tahu apakah benar minuman dan makanan ini akan menyebabkan penyakit kista? Mari simak dan temukan jawabannya!





1. Minum Air Kelapa Saat Nyeri Haid Menyebabkan Kista?




Masih banyak yang mengira dan bahkan percaya jika saat menstruasi atau haid wanita dilarang untuk minum air kelapa, karena air kelapa dapat menyebabkan terjadinya kista. Tetapi ternyata pendapat itu salah, seorang dokter mengatakan bahwa minum air kelapa bukanlah penyebab dari nyeri haid apalagi penyebab kista. Jadi boleh saja saat haid meminum air kelapa. Tetapi memang air kelapa menyebabkan efek kembung pada perut saat menstruasi sehingga membuat merasa lebih tidak nyaman.

Dismenore / Nyeri haid adalah rasa nyeri yang timbul akibat rahim yang berkontraksi oleh karena hormon yang dikeluarkan saat menstruasi. Tetapi jika nyeri haid yang dialami sangat parah sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mencari tahu apakah ada penyebab lain/ penyakit yang mendasari nyeri haid tersebut.

Jadi bukan karena air kelapa nya yang menyebabkan kista, tetapi nyeri haid yang berlebihan itulah yang dapat menyebabkan terjadinya kista.


2. Makan Tahu dan Ayam Broiler Menyebabkan Kista?



Dokter benarkah seorang yang mengidap kista tidak boleh mengonsumsi tahu, dan ayam broiler. Benarkah demikian dan mengapa?

Seperti yang dijelaskan oleh Dr Yaya Sadaria, CMT pada Nurmala.com mengatakan bahwa pasien kista memang sering disarankan untuk tidak makan tahu, hal ini dikarenakan tahu termasuk produk kedelai yang belum mengalami fermentasi, dan beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kedelai dapat memicu peningkatan hormon estrogen di dalam tubuh.

Hormon estrogen inilah yang diduga sebagai penyebab berbagai gangguan reproduksi wanita, seperti gangguan haid, mioma, dan juga kista. Sehingga para dokter lebih menyarankan untuk mengkonsumsi tempe, karena sudah mengalami proses fermentasi, dan dianggap lebih aman untuk dikonsumsi.

Selain tahu, makanan yang dilarang adalah ayam broiler. Ayam broiler adalah ayam yang direkayasa pertumbuhannya agar tumbuh dengan cepat, hasil dagingnya berserat lunak, dan timbunan lemak yang lebih banyak daripada ayam buras. Dikhawatirkan yang mempercepat pertumbuhan ayam yang pemberian suntikan vitamin dan hormon , akan berpindah ke tubuh manusia dan memicu pertumbuhan kista.


3. Minum Air Es Menyebabkan Kista?




Banyak wanita yang masih menganggap bahwa minum es saat menstruasi bisa menyebabkan haid terhambat. Haid yang terhambat karena minum es tersebut diduga bisa menyebabkan kista dalam waktu lima tahun ke depan. Benarkah seperti itu?

Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), sebagaimana dikutip wolipop.com, menuturkan minum es ketika haid bisa menghambat darah kotor yang keluar itu salah. "Minum es nggak benar, nggak ngaruh ah, itu nggak ngaruh, nggak ada kaitannya, es itu nggak bagus buat daya tahan tubuh saja, kena kerongkongan, masuk angin, sakit," jelas dokter Frits

Hal itu juga diperkuat oleh dokter kandungan, Dr Prima Progestian, SpOG,CH,CHt. "Sebenarnya nggak benar. Mitos itu nggak ada hubungannya secara langsung," tutur Prima yang menjadi dokter spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, saat diwawancara wolipop.

Begitu pula dengan kabar yang mengatakan bahwa banyak minum soda akan memperlancar menstruasi. Dokter Frits mengatakan, minum soda sebenarnya hanya untuk menyegarkan tubuh tidak mempengaruhi masa menstruasi wanita. Oleh karena itu ia menyarankan agar minum soda secukupnya saja tidak perlu berlebihan.

"Mekanisme soda itu mempengaruhi fungsi dalam tubuh, kalau dibilang minum soda supaya lancar sebenarnya nggak, artinya soda secara umum dia me-refresh tubuh," terang pria yang juga menjabat sebagai Kasubdin Pelayanan Kesehatan Mabes TNI AU itu.



4. Makan Bayam dan Tahu yang Diolah Bersamaan Menyebabkan Kista?




Ada kabar berita yang disebar melalui bbm menyatakan bahwa makan bayam dan tahu yang diolah secara bersamaan dapat menyebabkan kista. Ternyata kabar ini hanyalah kabar burung dan bukan fakta.

Dr Damar Prasmusinto, SpOG, ahli kandungan yang berpraktik di RS Brawijaya mengatakan "Bayam dan tahu? Enggak ah, setahu saya nggak ada hubungannya tuh (dengan kista)," Demikianlah ungkap Dr. Damar yang dikutip dari detik.com

Penyebab pertama kista adalah bawaan lahir sedangkan penyebab kedua adalah endometriosis atau adanya pertumbuhan abnormal di lapisan endometrium.


5. Makan Ceker dan Sayap Ayam Menyebabkan Kista?


Ceker dan sayap ayam sering kali menjadi hidangan makanan yang menjadi favorit hampir semua orang. Tapi tahukah bahwa ceker dan sayap ayam jika dikonsumsi setiap waktu dapat mengakibatkan kista pada kaum wanita?

Seorang dokter Ginekolog di Tiongkok, yang pernah menangani pengobatan artis penyanyi Taiwan, Xia Yi, yang menderita penyakit kista, mengatakan bahwa hal ini diakibarkan oleh banyaknya growth-hormone atau hormon pertumbuhan dan antibiotik pada bagian ceker dan sayap ayam tersebut.

Seperti yang dikutip oleh  jeccr.com. dokter Ginekolog menyatakan bawah  "Ayam-ayam yang dijual di pasaran dan dikonsumsi orang banyak sekarang ini adalah ayam-ayam peternakan modern. Bukan lagi ayam yang hidup di alam bebas atau diternak dengan cara tradisioal (ayam kampung). Ayam peternakan tumbuh dengan bantuan zat kimia," 

Zat kimia yang disuntikan pada bagian ceker dan sayap ayam inilah yang jika dimakan secara terus-menerus dapat menyebabkan terjadinya kista.


Masih belum jelas juga sebenarnya penyebab utama kista itu karena apa, tetapi ada beberapa gejalas kista yang perlu diwaspadai seperti menstruasi yang tidak teratur, nyeri pada tulang panggul yang berlebihan, sering buang air kecil, pencernaan yang tidak lancar, senantiasa merasa kenyang atau kembung, dan sulit buang air besar.

Itulah penjelasan mengenai makanan dan minuman yang dapat menyebabkan kista. Semoga bermanfaat dan Happy healthy ^^

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post