Kenali Jenis dan Tingkat Kematangan Steak di Restoran

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Makin banyak restoran yang menyediakan steak, bahkan kitapun dapat menemukannya di warung kaki lima. Namun

PRIME VS SECONDARY CUT

Dalam menu steak kita akan menemukan menu steak Prime dan Secondary Cut. Prime steak biasanya dibanderol dengan harga yang tinggi karena minim kandungan lemak, rasanya paling enak dan teksturnya juga lembut. Contoh steak yang termasuk dalam Prime Cut adalah Sirloin, Tenderloin & Rib Eye.

Secondary Cut adalah steak dengan harga yang lebih murah. Rasanya sebenarnya tak kalah dengan Primary Cut. Contoh daging Secondari Cut diantaranya adalah Rump, round, dan Bolar Blade

KANDUNGAN LEMAK

Bila diurutkan dari yang kandungan lemak paling banyak sampai paling sedikit adalah Sirloin, Rib Eye, dan yang paling sedikit lemaknya adalah Tenderloin.

Karena lemaknya yang sedikit inilah pada umumnya Tenderloin memiliki harga paling tinggi. Sedangkan Rib Eye juga favorit karena rasanya lebih gurih dari Tenderloin dan uniknya, lemak Rib Eye terletak di bagian tengah daging.

TINGKAT KEMATANGAN
Pelayan di restoran steak biasanya akan menanyakan tingkat kematangan yang kita inginkan. Medium rare, Medium, Medium well atau well done? Tingkat kematangan tersebut diurutkan berdasarkan lama proses pemasakan. Semakin sebentar waktu masaknya, maka sari dagingnya akan lebih banyak sehingga lebih berair. Sesuaikan saja dengan selera Anda.

Ingin tahu lebih banyak tentang jenis-jenis potongan daging sapi? Yuk baca di artikel Tips Memilih Bagian Daging Sapi yang Tepat

Baca Juga
Resep Steak Renyah/Krispy ala Rumahan
Resep Steak Sapi Saus Jamur dan Bawang
Resep Steak Sapi a la Resto
Resep Steak Tenggiri
Resep Steak Ayam Saus Inggris
Resep Steak Salmon Saus Teriyaki
Tonton Video Cara Masak Steak Rumahan
Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post