4 Tips Memasak Pasta agar Pas Kenyalnya (al dente)

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Bunda suka masak pasta? Tapi sering terlalu matang atau bahkan pasta lengket dan jadi kaku saat dimasak dan saat matang. Jangan khawatir bun 4 tips memasak pasta dibawah ini akan membantu bunda memberikan solusi untuk dapat memasak pasta dengan hasil yang maksimal :)






1. Tips Memasak Pasta: Takaran Air Rebusan Yang Tepat

Untuk memasak pasta, gunakan air yang cukup agar pasta dapat matang dengan sempurna. Misalkan untuk pasta ukuran 250 gram gunakan air ±2 liter air perebus. Jika menggunakan panci ukuran 8 liter air untuk memasak pasta masukkan saja 4-6 liter air.

Agar pasta terasa gurih dan tidak lengket saat dimasak, beri sedikit garam dan minyak.

2. Tips Memasak Pasta: Air Rebusan Harus Mendidih

Pastikan air rebusan itu sudah mendidih sebelum memasukkan pasta. Untuk pasta yang berukuran panjang dan besar, masukkanlah pasta secara perlahan-lahan dengan memegang bagian ujungnya. Cara ini dapat mencegah penurunan suhu yang berakibat pastanya tidak bisa matang sempurna.Selama memasak pasta, jangan menutup panci.

3. Tips Memasak Pasta: Kemantangan Pasta

Rebus pasta hingga lunak yang ditandai dengan mengapungnya pasta dipermukaan air, aduk sesekali agar pasta tidak saling menempel. Untuk lama memasak, ikuti instruksi dalam kemasan pasta. Yang paling penting jangan biarkan pasta matang terlalu lembek.

Pasta yang matang sempurna, memiliki tekstur yang lembut tetapi masih cukup kenyal atau biasa disebut al dente.

4. Tips Memasak Pasta: Sajikan Segera 

Setelah pasta matang, angkat dan tiriskan segera pasta. Masukkan kedalam piring saji dan tuangkan sausnya. Bisa juga diolesi dengan minyak zaitun, mentega ataupun dengan margarin. Sajikan pasta selagi hangat.

Mau resep aneka pasta Italia yang enak dan lezat? Yuk klik disini

Nah itulah bun 4 tips memasak pasta agar matangnya sempurna :) Semoga bermanfaat dan happy cooking ^^

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post