Betulkah Mencuci Ayam Sebelum Dimasak itu Berbahaya?

Suka Resep Ini? Share Yuk!


"Saya baca di internet, katanya mencuci ayam itu berbahaya. Apa benar? kalau benar..gimana dong cara membersihkanya?"

Nugie, Bogor


ilustrasi penyebaran kuman. foto : youtube/dexteruniversity
Berdasarkan penelusuran kami, memang betul ada penelitian di Amerika yang membuktikan bahwa sebenarnya mencuci ayam sebelum dimasak dengan cara membasuhnya di bawah keran, tidak membunuh bakteri. Malahan, bakteri akan mengotori lingungan sekitarnya sampai sejauh 50 cm akibat terpental saat dibersihan dengan air!

Bakteri yang dikhawatirkan tersebut bernama bakteri Campylobacter. Bakteri tersebut disebutkan oleh situs NHS.com menyebabkan gejala penyakit seperti muntah-muntah, diare, dan demam, bahkan pada beberapa kasus menyebabkan keguguran dan arthrits. Bagi anak-anak maupun orangtua yang daya tahan tubuhnya sudah lemah, bisa lebih parah lagi akibatnya. Namun, dalam batas tertentu, gejala-gejala ringan dapat sembuh dalam 2-5 hari.

Campylobacter hanya bisa mati apabila ayam dimasak secara keseluruhan




Jadi Bagaimana Cara Mencuci dan Menyimpan Ayam yang Benar?

  1. Menyimpan ayam dalam lemari es dengan cara meletakkannya di bagian bawah freezer (Chiller) apabila akan dimasak. Ini dilakukan agar tetesan cairan tidak mengkontaminasi makanan lain di bagian bawahnya
  2. Tidak mencuci ayam mentah karena bakteri tidak akan mati, malah menyebar ke baju, bak cuci, dan alat dan bahan masakan di sekitarnya
  3. Cuci peralatan masak dengan bersih. Talenan, pisau, dan jangan lupa cuci tangan dengan sabun setelah memegang ayam mentah.
  4. Masak ayam untuk membunuh kuman. Siapkan air mendidih, masak ayam sampai tak ada bagian warna pink, buang air dan bilas, barulah ayam siap digunakan.  
akan tetapi perlu diperhatikan bahwa penelitian tersebut dilakukan di Amerika dan UK yang memiliki perbedaan iklim dan kebiasaan dari Indonesia. Tapi untuk keamanan, ada baiknya kita ikuti anjuran tersebut. Kalaupun merasa belum sreg apabila tidak mencuci ayam dahulu sebelum dimasak, persiapkanlah wadah yang minim kemungkinan air cucian ayam menciprat ke tempat lain.


Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post