Ternyata, Sosis bisa Menyebabkan Kanker! (+ Tips Memilih Sosis yang Sehat)

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Hati-hati memberikan sosis untuk anak-anak, terutama sosis pabrikan. WHO baru baru ini merilis pengumuman bahwa memakan daging olahan sebanyak 50 gr sehari (1/2 ons saja!) bisa meningkatkan resiko kanker sebesar 18%

Sosis merupakan produk olahan daging merah (sapi, domba, atau babi) yang dalam pengolahannya menggunakan banyak garam dan pengawet. Daging merah yang dicerna di perut akan membentuk senyawa N-Nitroso. Senyawa ini dapat merusak sel-sel pelapis usus sehingga untuk memperbaikinya, sel-sel pelapis usus akan lebih cepat membelah diri, dari sinilah resiko munculnya kanker bisa semakin tinggi.

Proses kimia tersebut sebenarnya secara alami terjadi pada daging merah, akan tetapi pada sosis terdapat tambahan resiko karena kandungan lemak dan garam yang tinggi serta bahan kimia pengawet lainnya yang menghasilkan nitrit..

Menurut The World Cancer Research Fund, batas aman daging olahan yang boleh dikonsumsi adalah 500gr per minggu. Daging olahan yang dimaksud dibuat dari daging merah seperti daging sapi, daging kambing, dan daging babi.Sedangkan untuk daging putih seperti daging ayam atau daging ikan belum ditemukan resiko kanker.




BAGAIMANA CARA MEMILIH SOSIS YANG SEHAT

  1. Lebih mahal belum tentu lebih baik. Memilih sosis yang berasal dari daging berkualitas tinggi sebenarnya tidak terlalu banyak berpengaruh, karena masalahnya terdapat pada sifat daging merah itu sendiri. Jadi lebih baik MEMBATASI KONSUMSI SOSIS DAN DAGING OLAHAN LAINNYA.
  2. Pilih sosis yang paling segar, lalu perhatikan bahan pembuatnya yang tertulis di kemasan. MAKIN SEDIKIT BAHAN MAKIN BAIK
  3. Pilih sosis dari unggas atau ikan, karena sosis yang berasal dari daging merahlah yang meningkatkan resiko kanker
  4. Apabila memasak sosis, hindari menggorengnya karena kan meningkatkan kadar lemak. Lebih baik sosis dipanggang atau dikukus. Walau demikian, hal ini tidak terlalu banyak mengurangi resiko kanker. Lagi-lagi cara terbaik adalah menyantapnya sejarang mungkin
  5. Pola makan sehat penting untuk dijaga. Mereka yang menderita obesitas, kurang makan sayur sayuran serta buah-buahan, dan kurang olahraga akan lebih rentan terkena kanker. 
  6. Apabila anak-anak Anda masih juga ingin sosis. Buatlah sosis homemade untuk anak Anda dengan dikukus ^^
sumber 
 Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post