3 Tips Memilih Daging Ayam Yang Segar dan Bebas Formalin

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Masih belum bisa membedakan daging ayam yang segar dan tanpa formalin? Tenang bun! Kita punya 3 tips memilih daging ayam yang segar dan bebas formalin dbawah ini :) Yuk simak!



1. Memperhatikan Warna Tampilan Ayam

Cara memilih daging ayam yang pertama yaitu dengan memperhatikan warna daging tersebut. Daging ayam yang segar berwarna putih keabu-abuan dan terlihat cerah tapi bukan mengkilap, jika daging ayam berwarna pucat dan kebiru- biruan sebaiknya jangan dipilih.

Warna ayam yang cenderung mengkilap dan memar, sudah dipastikan ayam tersebut tidak segar dan berformalin. Ciri ayam yang berformalin juga sangat mudah lihat saja apakah daging ayam tersebut di hinggapi lalat atau tidak.

2. Memperhatikan Tekstur Daging Ayam

Sebelum memutuskan membeli ayam, kenali dulu tekstur ayam. Saat memilih daging ayam yang bebas formalin. Anda bisa mengenalinya dengan menekan lembut daging ayam potong. Ayam segar bebas formalin memiliki tekstur yang kesat dan tidak licin. Begitu juga dengan dagingnya akan terasa kenyal cenderung empuk ketika ditekan. Pasalnya daging yang sudah bercampur formalin akan terasa sangat kenyal.





3. Memperhatikan Aroma Daging Ayam

Selain memperhatikan warna dan tekturnya, daging ayam yang segar dan bebas formalin juga bisa diperhatikan dengan aroma atau bau daging ayam tersebut. Daging ayam segar sudah seharusnya memiliki aroma daging segar. Sedangkan ayam berformalin memiliki bau khas formalin yang seperti bau bahan kimia.

Jadi apabila menjumpai ayam dengan penampilan yang bagus, namun baunya terasa aneh, segera urungkan niat Anda untuk membeli.

Tips yang terpenting adalah jangan terpengaruh oleh harga murah, karena bagaimana pun kualitas dan keamanan tetap menjadi nomor satu untuk keluarga.


Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post