4 Tips Membuat Sate Agar Empuk dan Matang Sempurna

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Ingin menikmati sate yang enak dan nikmat itu tak harus beli bun. Cukup buat dirumah dan ikuti 4 tips membuat sate ini, sate empuk dan nikmat bisa bunda sediakan! Ini dia bun 4 tips membuat sate agar empuk dan matang sempurna :)



1. Pemilihan Daging Yang Tepat



Tips membuat sate agar menghasilkan sate yang empuk dan matang sempurna yang pertama adalah pemilihan daging. Pilihlah daging yang berkualitas terbaik, pastikan daging yang dipilih tidak ada lemak dan urat yang terlalu banyak. Anda bisa memilih daging bagian has luar dan has dalam.

Jika masih belum tahu cara memilih daging, ini dia 5 cara memilih daging yang tepat.

2. Tips Pemotongan Daging Yang Benar



Potongan daging yang benar juga mempengaruhi keempukan sate. Potongan daging yang terlalu besar akan membuat sate menjadi tidak matang sempurna, potongan daging yang kekecilanpun dapat membuat sate cepat gosong. Jadi, pastikan membuat potongan yang seragam agar hasilnya empuk dan matang sempurna.

3. Penggunaan Bumbu Rendaman Sate



Selain bisa langsung dibakar setelah ditusuk, daging sate juga bisa diberikan air rendaman dulu sebelum akhirnya dibakar. Anda bisa memberikan air rendaman madu dan jahe, rendaman dengan parutan nanas dan campuran bawang merah, bawang putih, kemiri, dan garam.

Bumbu rendaman ini selain berguna untuk penghilang bau daging, juga berguna untuk membuat sate jadi lebih empuk.

Cara lain agar daging cepat empuk bisa dilihat disini






4. Proses Pembakaran Sate


Untuk membakar sate bisa memakai bara api dari arang batok kelapa, panggangan listrik atau gas dalam wajan datar. Supaya daging tidak lengket ke pemanggang, olesi sedikit mentega/butter. Saat membakar sate, pastikan gunakan panas yang tepat sehingga hasil olahan bisa matang sempurna (tidak gosong atau mentah).

Proses pembakaran memerlukan waktu 3-5 menit, tergantung besar potongan daging dan jumlah sate yang dibakar. Balik-balik sate sesekali supaya matangnya merata

Nah, itulah beberapa tips membuat sate agar empuk dan matang sempurna. Semoga bermanfaat dan happy cooking^^

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post