6 Bahan Alami Pengganti Gula Pasir

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Gula pasir yang biasa kita gunakan sehari-hari sebetulnya mengandung senyawa karbohodrat sederhana yang bisa menyebabkan diabetes. Ingin mengganti gula pasir? banyak alternatifnya.

1. Madu

Pasti sudah kenal dengan madu, kan. Minuman kesehatan ini jadi pilihan pertama untuk menggantikan gula. Cocok dicampurkan dengan teh, kue, dijadikan topping roti dan pancake, atau diadukkan pada semangkuk oatmeal.

2. Agave Nektar

Agave nektar adalah ekstrak tanaman agave (semacam kaktus). Agave mengandung indeks glikemik rendah, namun kandungan fruktosanya sangat tinggi (gula buah). Jadi sebaiknya tetap tidak digunakan dalam jumlah berlebihan.

3. Gula kelapa

Gula kelapa terbuat dari getah yang diekstrak dari pohon kelapa/nira. Gula kelapa dapat berupa gula merah atau gula aren.


4. Sari buah
Kupas kulit dan buang biji buah apel atau anggur, blender daging buahnya lalu disaring. sari pati buaj dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gula

5. Gula Stevia
Stevia merupakan tanaman yang dapat menghasilkan rasa manis dan dinilai lebih baik daripada gula karena bebas kalori. Stevia sendiri tidak menyebabkan gula darah naik tetapi pemanis ini sering dikombinasikan dengan agen pencurah sehingga bentuknya bisa dicurahkan. Agen pencurah itu diduga bisa menyebabkan peningkatan gula darah.

6. Alkohol gula
Alkohol gula atau polyols merupakan turunan dari serat alami dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Pemanis ini mengandung karbohidrat sehingga dikelompokkan ke dalam pemanis nutritif. Kendati demikian kandungan kalori dari jenis gula ini rendah dan dapat dijadikan pilihan sebagai pengganti gula.

Baca juga : Ingin Diet? Karbohidrat Kompleks, Yes. Karbohidrat Sederhana, No!

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post