12 Jajanan Lezat Kaki Lima Khas Korea

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Bagi pecinta drama Korea pasti sering melihat makanan khas Korea ini, meskipun hanya jajanan kaki lima tetapi rasanya tetap lezat lho :9 Bagi yang belum tahu, yuk lihat 12 jajanan lezat kaki lima khas Korea dibawah ini:



1. Jipangyi Ice Cream (Jeju Ice Cream)

Jajanan lezat khas korea ini unik lho. Ice cream lezat ini tidak dimasukkan di cone es krim pada umumya, tapi dimasukkan dalam roti yang berbentuk tongkat panjang yang berlubang.  Tidak heran jika Jipangyi/Jeju Ice Cream ini Populer di Korea dan sedang booming di Indonesia :D Ada yang sudah coba?

2. Kkultarae

Jajanan kaki lima yang tidak kalah lezat adalah Kkultarae. Jika dilihat dari bentuknya kudapan manis ini seperti pupa kepompong :D Tapi sebenanrnya Kkultarae ini terbuat dari madu yang dikeraskan kemudian dicampur dengan tepung gandung dan dibuat dengan cara unik menggunakan tangan, dibentuk seperti benang-benang kemudian diisi dengan potongan kacang. Kkultarae sendiri memiliki arti gulungan madu.

3. Tokkebi Hot Dogs

Tokkebi hot dog juga merupakan salah satu jajanan lezat kaki lima khas Korea yang banyak dijual. Hot Bar atau biasa disebut juga dengan Hat Baa dalam bahasa Korea yaitu cemilan yang digoreng dengan beragam variasinya. Daging sosis/hot dog ini dibalut dengan tepung jagung. Bisa dicocol dengan saus sambal ataupun saus teokbokki.

4. Twigim
Tidak hanya diIndonesia saja ada jajanan gorengan, di Korea pun ada lho namanya Twigim. Gorengan ini terdiri dari berbagai macam panganan seperti telur, ubi, udang, sejenis dim sum, bakso, sayuran, cumi-cumi dan paprika yang dibalur tepung berbumbu kemudian digoreng dalam minyak panas. Orang Korea biasa menyantapnya dengan menyelupkan twigim kedalam kecap asin.
5. Hodugwaja

Hodugwaja merupakan jajanan khas Korea yang bentuknya seperti kacang kenari. Hodugwaja dicetak dalam bentuk biji kenari dan diisi dengan pasta kacang merah dan sepotong kenari didalamnya. Hodugwaja populer sebagai hadiah maupun buah tangan.

6. Tteokbokki

Pasti yang suka nonton drama Korea kenal dengan makanan lezat kaki lima khas Korea ini deh :D Tteokbokki terbuat dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu Gochujang yang pedas manis. Awalnya, Tteokbokki adalah makanan istana Dinasti Joseon yang rasanya jauh berbeda dengan saat ini.
Tteokbokki terdiri dari warna yang melambangkan Korea dan bisa ditemukan di penjaja kaki lima Korea yang bernama Pojangmacha.

7. Odeng/Eomuk

Odeng/Eomuk merupakan jajanan kaki lima khas Korea yang tidak kalah lezat dengan jajanan lainnya. Terdiri dari fish cake atau sosis ikan dan bakso yang direbus dalam kuah kaldu berbumbu disajikan dengan tusukan kayu. Odeng biasa dinikmati saat masih panas :9

8. Bungeoppang

Bungeoppang sebenarnya sama seperti Hodugwaja hanya saja jajanan ini berbentuk seperti ikan namun diisi dengan pasta kacang. Penyajian Bungeoppang pun kini semakin bervariasi, mulai dari digoreng kering, digoreng gurih dan manis, dan bisa disajikan ala pancake atau dengan chestnuts panggang. Yummy!

Bentuk ikan dari roti ini melambangkan keberuntungan dan disukai banget sama anak-anak.

9. Bbopki (Korean Sugar Cookies)
Kalau diIndonesia namanya permen gulali tapi diKorea permen ini namanya Bbopki. Bbopki adalah permen tradisonal korea terbuat dari karamel yang berbahan gula pasir cair dipanaskan dan ditambahkan sedikit baking soda. Permen ini dibentuk dengan cetakan permen kemudian diberi tusuk bambu.

10. Hweori Gamja (Tornado Potato)
Tornado potato atau hweori gamja adalah jajanan pinggir jalan khas Korea yang berupa keripik kentang tusuk yang berbentuk spiral panjang. Hweori gamja ini bisa diberi bumbu seperti keju, barbeque, dan bumbu lainnya. Hweori gamja ini juga ada lho di Indonesia :D



 





11. Gurita dan Cumi-Cumi Kering

Gurita dan cumi-cumi kering juga salah satu jajanan lezat kaki lima Khas Korea yang tak boleh terlewatkan. Potongan gurita dan cumi-cumi ini digoreng kering dan dimasukkan di cup/gelas kertas.  Pedagang gurita dan cumi-cumi kering juga biasanya menjual keripik cumi-cumi. Kresss bangettt deh :D



12. Hoddeok
Jajanan kaki lima yang lainnya yaitu Hoddeok. Makanana ini sejenis pancake tapi digoreng dengan minyak dan berisi adonan kacang tanah, biji wijen juga madu yang dihaluskan. Selain itu, terdapat varian lain seperti isi sayuran atau versi asin.  

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post