8 Makanan Populer Khas Jepang

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Pecinta makanan Jepang pasti sudah tau 8 makanan popules khas Jepang ini. Ada ramen, mochi, takoyaki, dan masih banyak lainnya. Bagi yang belum kenal 8 makanan populer Jepang simak dibawah sini yuk ^^ 



1. SUSHI
Makanan populer khas Jepang yang pertama adalah sushi. Sushi merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari nasi dan berisikan sayuran, makanan laut, daging, dan juga rumput laut. Rasa sushi sangat unik namun lezat, ini karena nasi sushi diberi cuka apel/cuka beras, garam, dan gula. Rasanya yang unik dan lezat inilah yang membuat sushi menjadi populer, tidak hanya di Jepang saja tetapi di seluruh negara salah satunya adalah Indonesia.

Biasanya sushi dihidangkan dengan wasabi dan kecap asin. Sushi menjadi makanan populer Jepang yang  masuk daftar 10 makanan yang paling enak di Dunia.

2. RAMEN 
Ramen juga termasuk salah satu makanan populer khas Jepang. Makanan ini juga sudah populer di Indonesia, banyak kedai dan restoran Jepang yang menyediakan ramen ini. Mie dengan kuah kaldu yang kental dan pedas ini bisa diberi topping seperti telur, naruto, irisan rumput laut, jamur, dan isian lainnya. Tak herankan jika ramen jadi makanan populer.

Mie khas Jepang ini banyak dijual di kedai-kedai Jepang, ramen juga ada yang berbentuk mie instan. Makan ramen sangat cocok saat udara dingin.

3. MOCHI
Mochi merupakan makanan populer khas Jepang yang sudah memiliki bentuk dan rasa bervariasi. Kue Jepang yang terbuat dari beras ketan ini, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang.

Namun, mochi juga dijual di toko-toko sepanjang tahun. Mochi khas Jepang ini memiliki rasa yang khas yaitu lembut di saat pertama kali dimakan, dan lama kelamaan menjadi lengket. Mochi dengan berbagai rasa dan bentuk juga sudah beredar di Indonesia.

4. TAKOYAKI
Takoyaki adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari tepung terigu yang diberi isi daging gurita dan berbentuk bulat. Takoyaki bisa diberi tambahan saus mayonnaise, rumput laut, dan serutan ikan cakalang yang menambah nikmat pada saat disantap.

Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan berisi 5 hingga 10 buah. Takoyaki disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam keemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Takoyaki juga sedang populer di Indonesia.

5. SHABU-SHABU
Shabu-shabu merupakan makanan populer khas Jepang yang berisi irisan tipis daging, tahu, jamur dan sayuran. Daging yang biasanya dipakai adalah daging sapi, tetapi terkadang dipakai daging ayam, ikan, dan gurita. Shabu-shabu dimasak di dalam sebuah panci khusus. Daging shabu-shabu dinikmati bersama saus Jepang yang mengandung wijen yang disebut gomadare.




6. DORAYAKI
Kue favorit Doraemon ini ternyata sangat populer di Jepang lho. Kue dorayaki ini berbentuk bulat dan sedikit agak ceper. Mempunyai rasa yang cukup manis membuat orang dan juga anak-anak suka untuk mengkonsumsi kue dorayaki ini. Dorayaki biasanya berisi kacang merah, tetapi sekarang sudah bervariasi rasanya lho.

7. ONIGIRI
 Makanan khas Jepang yang tidak kalah populer adalah Onigiri. Onigiri adalah makanan yang berbahan dasar nasi, kalau di Indonesia Onigiri sama dengan lemper :D. Onigiri berbeda dengan sushi. Onigiri dibuat dari nasi biasa, sedangkan sushi dibuat menambahkan cuka, garam, dan gula.

Onigiri juga disebut o-musubi, nigirimeshi, atau sederhananya bola-bola nasi. Biasana onigiri dibuat dalam bentuk segitiga atau silinder lalu diberi isian yang berasa asam atau gurih seperti ume atau salmon.

BACA JUGA 6 KREASI ONIGIRI

8. OKONOMIYAKI
Okonomiyaki (お好み焼き?) adalah makanan Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam, makanan laut atau daging babi dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan.

Makanan populer khas Jepang ini sedang booming di Indonesia dengan isian dan bahan dasar yang lebih halal.

BACA JUGA OKONOMIYAKI ALA DAPUR UMAMI

Nah, itu lah beberapa makanan populer khas Jepang yang sudah mendunia. Mana makanan Jepang Favorit bunda? ^^

Dari berbagai sumber


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post