Penting Bagi Wanita : Makanan Pencegah dan Penyebab Osteorporosis

Suka Resep Ini? Share Yuk!




Osteoporosis menjadi momok bagi para wanita. Tidak ada wanita yang ingin badan bungkuk dan tulang rapuh di usia matang. Lantas, makanan apa yang harus dikonsumsi dan dihindari?




MAKANAN YANG HARUS DIKONSUMSI
1. SUSU

Makanan pencegah osteoporosis yang pertama adalah susu. Susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan pada tulang. Tubuh kita membutuhkan sekitar 2-3 gelas susu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Jadi jika ingin mencegah osteoporosis jangan lupa untuk mengkonsumsi susu yang berkalsium tinggi. Tapi susu saja belum cukup...

2. IKAN-IKANAN


Ikan merupakan salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Ikan-ikanan mengandung vitamin D yang akan membantu penyerapan kalsium Jadi, pastikan ada ikan dalam menu harian keluarga ya.

3. SAYURAN HIJAU



Makanan lain yang dapat mencegah osteoporisis adalah sayuran hijau.  Untuk menjaga kekuatan tulang selalulah mengkonsumsi sayuran hijau. Kandungan magnesium dalam sayuran hijau sangatlah berguna untuk memelihara kepadatan tulang.

4. MAKANAN DAN MINUMAN SUPLEMENT KALSIUM


Makanan dan minuman juga memiliki kandungan kalsium dan Vitamin D yang baik untuk mencegah osteoporosis. Dengan meminuman segelas susu dapat memenuhi kebutuhan kalsium dan juga Vitamin D. Produk susu yang dapat di konsumsi sudah banyak, seperti yogurt dan keju.  Selain itu, makanan yang bersuplement kalsium yang tinggi adalah Ikan salmon dan ikan sarden. Jus jeruk dan sereal juga kaya akan kalsium.










MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI
Beberapa jenis makanan malah "menghisap" kalsium dalam tubuh Anda....

1. MAKANAN TINGGI SODIUM


Makanan yang tinggi sodium bisa ditemukan di makanan seperti Sup kalengan, daging kalengan, Sosis, dan daging olahan. Makanan ini dapat mengganggu kesehatan dan juga salah satu penyebab terjadinya osteoporosis. Kebanyakan orang Amerika mendapatkan lebih natrium dari yang mereka butuhkan.
 
2. KAFEIN

Makanan penyebab osteoporisis lainnya adalah kafein. Kafein dalam kopi dapat mengurangi penyerapan kalsium pada tubuh dalam jumlah yang minimal, tapi efeknya bisa jadi berlebihan jik minum lebih dari tiga cangkir kopi sehari.

3. ALKOHOL



Konsumsi alkohol yang berlebih dapat menyebabkan gangguan penyerapan dan penggunaan kalsium, vitamin D dan nutrisi penting lainnya untuk tulang sehingga dapat meningkatkan resiko osteoporosis. Oleh karena itu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi lebih dari 220 ml bir, 100 ml wine atau 30 ml soda.


JUMLAH ASUPAN KALSIUM UNTUK TIAP USIA

Kebiasaan hidup sehat saat masih anak-anak dan remaja dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan tulang yang lebih kuat di masa yang akan datang. Orang-orang muda dapat membangun tulang yang kut dan sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium, mendapatkan cukup vitamin D (melalui sinar matahari atau diet), dan berolahraga secara teratur.

Berikut adalah asupan harian yang direkomendasikan untuk kalsium pada masing-masing usia:

  • Di bawah 1 tahun: 200-260 mg 
  • 1-3 tahun: 700 mg 
  • 4-8 tahun: 1.000 mg 
  • 9-18 tahun: 1.300 mg 
  • 19-50 tahun: 1.000 mg 
  • 51-70 orang: 1.000 mg 
  • 51 + perempuan: 1.200 mg 
  • 71+ tahun: 1.200 mg 
  • Pada usia 30, rata-rata wanita telah membangun 98% dari massa tulang puncak nya.  

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post