Tips Agar Donat Tidak Mengempis Saat Matang

Suka Resep Ini? Share Yuk!


 Sering membuat donat tetapi selalu kecewa dengan hasilnya yang mengempis? Don't worry! Ikuti tips dibawah ini agar donat buatan bunda tidak mengempis kembali :D 




Jika bunda sering membuat donat tetapi saat matang mengempis dan terlihat tidak menarik mungkin dapat disebabkan oleh 2 hal seperti berikut ini:
  • Akibat Fermentasi Yang Berlebihan
Donat yang dibuat dengan di fermentasi yang berlebihan  akan membuat donat mengembang naik, tetapi isinya hanya udara saja, sehingga saat terkena suhu ruang kembali, donat akan mengempis. Cara mengatasi donat agar tidak mengempis sebaiknya adonan dikembangkan dalam waktu secukupnya sesuai aturan resep.

Bunda juga bisa melakukan pengetesan untuk mengetahui kapan saatnya donat mengembang. Caranya, kuakkan permukaan donat. Bila sudah berserat-serat, artinya donat sudah cukup untuk difermentasi.





  • Akibat Minyak Terlalu Panas
 Sebab yang kedua adalah karena minyak yang digunakan terlalu panas. Jika donat digoreng di minyak yang terlalu panas akan membuat donat mengembang secara berlebihan. Tetapi saat diangkat dan ditiriskan donat akan kembali mengempis.

Nah, itulah 2 tips agar donat tidak mengempis saat matang. Semoga donat buatan bunda tampil cantik dan lezat saat disantap ^^ Happy Cooking! 


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post