Tips Masak: Mengenal Beras Untuk Sushi

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Membuat sushi memang tidak terlalu sulit. Tapi hasilnya terkadang tak selalu enak, bukan? Agar sushi enak dan lezat pemilihan beras yang tepat adalah salah satu kuncinya. Yuk simak tips masak dibawah ini untuk memilih beras yang benar dan cara memperlakukan nasi dengan benar sebelum digulung!




  • PEMILIHAN BERAS

Pilihan beras menjadi penting dalam pembuatan sushi karena nasi memang merupahan bahan utama sushi. Pilihan beras yang salah akan membuat sushi menjadi kurang lezat dan nikmat. Oleh karena itu gunakanlah beras Jepang jenis medium grain. Jenis beras ini akan memberi rasa lengket yang khas sehingga gulungan nasi akan menjadi kompak.

  • TAKARAN AIR
Perbandingan air dan beras harus disesuaikan dengan beras yang digunakan. Biasanya dalam kemasan, disebutkan berapa perbandingan air dan berasnya. Perbandingan yang pas akan membuat sushi enak dimakan. Tidak kelembekan, tidak juga terlalu keras karena harus diingat setelah matang, nasi harus ditambahkan cuka beras, garam, dan gula. Ketiganya menghasilkan cairan.






  • PENGGUNAAN CUKA BERAS

Setelah nasi matang, biarkan uapnya hilang. Selagi masih hangat, campur dengan cuka beras (rice vinegar), garam, dan gula pasir untuk memberikan citarasa khas. Rice Vinegar yang digunakan  sebaiknya cuka beras Jepang supaya aromanya betul-betul khas sushi dan tidak terlalu asam. Aslinya, pencampuran nasi dengan larutan cuka dilakukan di wadah kayu. Gunanya untuk menyerap kelebihan larutan cuka. Sebelum digulung bersama bahan pelengkap, nasi harus didinginkan hingga bersuhu ruang. Jika tidak, bahan isian akan lengket di nasi.

NOTE: Jika ingin menggunakan beras lokal bisa saja, caranya pilih beras lokal yang pulen dan tambahkan sedikit beras ketan agar menciptakan beras yang lengket.


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post