5 Tips dan Trik Membuat Mi Ala Rumahan

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Membuat mie sendiri itu tidak sulit lho bun. Bahkan jadi lebih aman karena tidak cemas lagi apakah mi nya mengandung formalin.  Agar mi buatan rumahan sempurna, ada beberapa tips dan trik yang harus diikuti nih. Ini dia tips dan trik membuat mi ala rumahan.




1. PEMILIHAN BAHAN BAKU
  • PEMILIHAN TEPUNG
Untuk membuat mi, harus menggunakan tepung terigu protein tinggi. Tepung terigu protein tinggi punya gluten yang tinggi juga sehingga adonan bisa melar dan mudah ditarik. Tetapi tepung terigu saja, dapat membuat mi menjadi mudah patah. Lebih baik campur atau tambahkan dengan tepung sagu, agar mi lentur dan kenyal.

  • PENGGUNAAN TELUR
Sebenarnya mi tetap bisa dibuat tanpa telur, tetapi teksturnya akan kurang lentur dan rasa kurang gurih. Jika ingin menghasilkan mi yang lentur, rasa yang enak dan warnanya yang bagus tambahkan telur dalam adonan.

  • PENGGUNAAN AIR 
Jika sudah menggunakan telur, tidak perlu lagi menambahkan air. Tetapi jika membuat mi tanpa telur, tambahkan saja air. 

  • PENGGUNAAN GARAM
Agar mi terasa gurih bisa menambahkan sedikit garam dalam adonan mi. 

2. TEKNIK PENGADONAN

Cara mengadonkan mi sangat mudah. Hanya tinggal diaduk rata hingga menjadi adonan. Pengadukkan nya bisa dilakukan dengan tangan. Jika jumlahnya banyak dapat menggunakan mikser.

3. TEKNIK PENGGILINGAN

Adonan mi biasanya belum rata dengan sempurna masih ada bagian yang tidak menyatu. Untuk penyatuan lakukanlah penggilingan.
  • Penggilingan Pertama
Pada saat penggilingan pertama adonan akan sobek meskipun menggunakan gilingan ukuran paling besar. Ulangi lagi penggilingan hingga adonan kalis dan licin.
  • Penggilingan Kedua
 Jika adonan sudah licin dan kalis, baru lah menggunakan gilingan satu nomor. Gilinglah sampai licin.

Jadi penggilingan mi harus dilakukan secara bertahap, tidak langsung sampai ke gilingan kecil. Turunnya ukuran gilingan dilakukan bila adonan sudah licin dan kalis. Setiap kali menggiling, adonan boleh ditaburkan tepung agar tidak lengket. Setelah jadi mi, taburkan maizena atau tepung kembali supaya mi tidak menempel.

Jangan lupa untuk menutup adonan yang belum digiling dan sudah digiling dengan plastik.




4. TEKNIK PEREBUSAN MI

Saat merebus mi, air boleh ditambahkan minyak supaya mi tidak menempel satu sama lain dan supaya mi mengkilat. Jangan terlalu lama merebus mi jika tekstur mi yang dibuat tipis. Saat diangkat, mi harus ditiriskan dan diperciki minyak. Aduk sampai rata. Cara ini membuat mi tetap terpisah satu sama lain. 

5. OLAHAN MI

Mi yang sudah jadi dan sudah direbus bisa dihunakan untuk membuat mi ayam, mi rebus, mi goreng, ifumi, dan olahan mi favorit keluarga.

NOTE: PERHATIKAN KARAKTER MI KETIKA MENGOLAHNYA
  •  Mi mudah putus karena pengadukan terus-menerus terutama saat mi dalam keadaan panas, sebaiknya dihindari.
  • Pengadukan terus-menerus bisa dihindari dengan cara melumuri mi dengan bumbu ketika dingin.
  • Mi mudah merekah jika direndam di dalam air atau kuah. Oleh karena itu, mi harus segera disajikan begitu matang.
  • Mi rasanya hambar sehingga mudah disajikan dengan apa saja.
  • Mi bisa diwarnai dengan menambah umbi atau ekstrak sayuran. 


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post