Tips Mengolah Bihun dengan Benar dan Sedap

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Agar olahan bihun benar dan menghasilkan makanan yang sedap ikuti tips mengolah bihun yang benar yuk! Kenali juga karakter dan jenis olahan bihun :) Happy cooking^^





  • CARA MENGOLAH BIHUN
Sebelum diolah, bihun harus diseduh dahulu, tetapi bukan direbus. Caranya yaitu, letakkan bihun di dalam wadah. Pilih wadah yang besar agar bihun masuk ke dalamnya. Jangan mematahkan bihun agar bihun muat.
Seduhlah bihun dengan air panas. Biarkan 2-3 detik. Segeralah tiriskan. Anda bisa menyiramnya kembali dengan air dingin untuk menghentikan proses pemanasan.

Mengolah bihun tidak perlu dilumuri minyak untuk membuatnya tidak menempel satu sama lain. Yang terpenting, air rebusannya harus benar-benar tiris dan bihun harus dibiarkan tertutup.

  • JENIS-JENIS OLAHAN BIHUN
Seperti mie, bihun pun dapat diolah menjadi:

BIHUN AYAM
Bihun disajikan bersama tumisan ayam dan kuah yang terpisah.

BIHUN REBUS
Biasanya bihun disajikan bersama bakso. Olahan bihun rebus ini tidak sebanyak mie.

BIHUN GORENG
Bumbu yang digunakan untuk membuat mie goreng, bisa diterapkan ketika membuat bihun goreng.

BIHUN GORENG KERING
Bihun kering yang belum direbus bisa digoreng sampai kering di dalam minyak panas. Hasil bihunnya bisa disiramkan capcay atau tumisan daging. Selain itu bisa juga dilumuri bumbu sampai kering jadi kering bihun




  • MENGENAL KARAKTER BIHUN 
Bihun sangan mudah patah, oleh karena itu jangan merebus bihun. Selain diseduh,  bihun juga bisa dicelupkan saja ke dalam air panas mendidih. Bihun yang patah-patah sangat tidak enak dilihhat dan tidak menggiurkan. Terurama pada bihun goreng yang pengadukkannya dilakukan berulang kali. 
Untuk mencegah  bihun patah-patah, lakukan hal berikut:
  • Seduh bihun diatas saringan saja. Bila bihun belum matang tak masalah. Saat digoreng, menjelang diangkat bisa menambahkan sedikit kaldu ke dalam bihun goreng hingga bihun goreng bisa matang. Cara ini juga membuat bumbu lebih mudah menyerap ke dalam bihun. Yang terpenting tidak membuat bihun hancur karena bihun yang kelembekan sangat mudah hancur.
  • Bihun yang berkuah sebaiknya disajikan panas karena semakin lama direndam, bihun akan semakin menyerap kuah dan membuat bihun menjadi lembek.
  • Bihun kering akan cepat matang dan berubah warna kalau digoreng. Oleh karena itu, proses menggoreng dilakukan sebentar saja. Agar matang, bihun tak usah dimasukkan ke dalam minya terlalu banyak dan bertumpuk. Begitu dicelupkan ke dalam minyak, bihun harus segera dibalik dan diangkat.
  • Bihun goreng kering pun mudah hancur. Oleh karena itu, jangan pecahkan bihun terlalu kecil. Biarkan agak besar.
Nah, itulah tips mengolah bihun dengan benar dan sedap. Semoga bermanfaat yaa bun ^^


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post