Tips Mengolah Kwetiau Agar Tetap Lezat

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Kwetiau adalah mie yang terbuat dari tepung beras sehingga warnanya putih. Untuk mengolahnya cukup mudah tapi jangan lupa untuk memilih kwetiau yang masih segar agar rasanya makin lezat. Yuk kenali lebih dulu jenis dan cara mengolah kwetiau agar tetap lezat!




KWETIAU YANG SEGAR

Kwetiu yang segar tentu lebih enak saat dimasak. Perhatikanlah warna kwetiau, jangan pilih yang warnanya terlalu putih. Tetapi jangan juga kecokelatan karena pasti kwetiau sudah lama. Memilih kwetiau yang segar juga bisa melalui aromanya. Kwetiau yang tidak segar baunya bisa jadi sudah rusak.Kwetiau segar harus langsung diolah, apabila kemasannya tidak divakum. Jika kwetiau ingin disimpan cukup 1 hari saja dan harus disimpan dalam lemari es.

KWETIAU YANG KERING

Kwetiau yang kering lebih tahan lama untuk disimpan. Hanya disimpan ditoples saja sudah bisa. Kwetiau kering memiliki tekstur yang lebih lentur sehingga saat dimasak bisa patah.

Kwetiau kering dan basah bisa saling menggantikan. Bila dalam resep menggunakan kwetiau basah, maka bisa diganti dengan kwetiau kering, tetapi ukurannya harus disesuaikan. Perbandingan berat kwetiau kering dan basah adalah 1:3. Jadi jika 50 gram kwetiau kering setara dengan 150 gram kwetiau basah.

CARA MENGOLAH KWETIAU

Kwetiau segar cara mengolahnya yaitu dengan diseduh dahulu sebelum digunakan. Jangan merebusnya karena kwetiau bisa hancur. Cara menyeduh kwetiau kering yaitu letakkan kwetiau diatas peniris lalu siram dengan air panas.
 





JENIS OLAHAN KWETIAU

  • Direbus: Kwetiau rebus dapat disajikan dalam kuah bening. Biasanya disertai dengan bakso pangsit atau swikiau.
  • Digoreng: Kwetiau goreng terlebih dahulu ditumis bersama bawang putih dan kecap asin. Lalu disiram kuah kental yang berisi daging dan sayuran.
KARAKTER KWETIAU

  1. Kwetiau dapat dimakan dingin atau panas
  2. Bila berkuah, sebaiknya disantap dalam keadaan panas karena kwetiau juga bisa mengembang
  3. Kwetiau tidak selentur mie karena itu mudah patah. Lumuri dulu dengan kecap dan bumbu ketika akan digoreng. Ingat bumbu dilumuri saat kwetiau dalam keadaan dingin.
  4. Mengolah kwetiau tidak lama karena itu sebaiknya diolah menjelang disantap. 


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post