7 Tips Menjalankan Puasa Bagi Ibu Menyusui

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Bunda ingin berpuasa tetapi masih menyusui? 7 Tips ini akan membantu bunda dalam menjalakan puasa meskipun sedang menyusui :) Simak yuk!




Menyusui adalah fitrah yang pasti dilalui oleh seorang muslimah. Kemampuan seorang ibu untuk berpuasa pada masa-masa menyusui berkaitan erat dengan kondisi kesehatannya. Kesehatan ini berkaitan erat dengan pola hidup dan pola makan, apalagi pada bulan Ramadhan. Asupan gizi pada ibu menyusui harus memadai untuk menyuplai laktasi yang dibutuhkan oleh sang bayi.

Dengan perubahan jadwal makan, bukan berarti asupan makanan yang dikonsumsipun ikut berubah. Yang penting, ibu menyusui tetap makan 3 kali sehari dan secara disiplin mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbang, yaitu dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak.

Tips ini akan membantu bunda untuk memastikan bahwa produksi ASI selama bunda berpuasa tetap lancar dan berkualitas:

1. BERKONSULTASI KE DOKTER


Jika bunda punya niat untuk berpuasa, ada baiknya juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Jika kondisi bunda dan bayi memungkinkan maka dokter akan membolehkan ibu berpuasa selama Ramadhan. Biasanya dokter juga menyarankan dan memperbolehkan bunda berpuasa jika si baby sudah lebih dari 6 bulan.


2. MENCUKUPI KEBUTUHAN CAIRAN TUBUH


Banyak minum air putih sejak berbuka hingga tiba saatnya sahur dapat memenuhi kekurangan cairan tubuh saat berpuasa. Selain air putih, bunda juga bisa mengkonsumsi jus buah, teh manis, dan susu. Saat berbuka puasa, minumlah terlebih dahulu minuman hangat, untuk merangsang kelancaran ASI.

3. ISTIRAHAT YANG CUKUP


Pada saat bayi menyusui, saraf di permukaan payudara memberikan rangsangan ke kelenjar pada otak untuk memproduksi dua hormon yang memicu produksi ASI.  Dua hormon ini adalah prolaktin dan oksitosin. Bunda yang berpuasa akan lemas setelah menyusui. Beristirahat sejenak akan mengembalikan energi pada ibu. Tidak lupa, secara psikologis, keyakinan bahwa ASI akan tetap lancar selama berpuasa juga harus tetap dikuatkan. Ini berpengaruh besar pada produksi ASI.





4. MENGKONSUMSI VITAMIN ATAU SUPLEMEN UNTUK IBU MENYUSUI


Agar puasa dan menyusui tetap berjalan lancar, bunda bisa mengkonsumsi vitamin atau suplemen alami seperti madu, kurma, dan habbatussauda. Vitamin-vitamin alami  ini sangat berkhasiat untuk tetap mendapatkan ASI yang baik untuk si baby.

5. MEMENUHI ASUPAN GIZI YANG CUKUP


Penting bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang. Pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak.

6. TETAP MEMERAH SUSU BAGI IBU PEKERJA


Apabila ibu menyusui yang biasa memerah menghentikan kegiatan memerahnya selama bulan puasa, maka ASI yang diproduksi dapat berkurang, yang bukan disebabkan oleh kegiatan berpuasa tetapi karena mengurangi kegiatan memerah tadi. Jadi tetaplah memerah susu saat bekerja untuk kelancaran ASI.

7. BERHENTI BERPUASA JIKA TIDAK KUAT


Jika bunda merasa tidak kuat untuk melanjutkan puasa, sebaiknya segeralah berhenti puasa. Jangan memaksakan puasa bila ibu tidak sanggup, atau merasa khawatir dengan kesehatan diri sendiri maupun si bayi. Bagaimanapun, puasa bagi ibu menyusui dapat digantikan dengan fidyah ataupun puasa di hari-hari lainnya. 

Nah, itulah 7 tips menjalankan puasa bagi ibu menyusui. Semoga bermanfaat dan Happy Healthy :) Happy Fasting bunda ^^

Dari Berbagai Sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post