10 Makanan Lezat Khas Lebaran Dari Aneka Negara

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Jika di Indonesia makana lezat khas lebarannya adalah ketupat, opor ayam, rendang, dan kue kering. Lalu bagaimana dengan negara-negara lain? Apa saja yaa makanan khas lebarannya? Simak yuk!





1. Sa Nwin Ma Kin dari Myanmar


Sa Nwin Ma Kin

Makanan khas lebaran di Myanmar salah satunya adalah Sa Nwin Ma Kin. Makanan ini adalah sejenis pudding yang berbahan semolina atau butiran gandum. Biasanya Sa Nwin Ma Kin disajikan bersama Danbuk Htamin atau semacam nasi biryani dengan irisan manga, daun mint dan cabe hijau. Biasanya dalam tradisi lebaran di Myanmar warga tidak diperkenankan memasang petasan.

2. Kahk dari Mesir


Kahk

Idul Fitri selalu menjadi hari besar yang dirayakan paling meriah di Mesir, dengan hari libur yang panjang dan perjamuan besar antara keluarga besar dan kerabat. Dalam memeriahkan lebaran, Mesir juga memiliki makanan lezat khas lebaran yaitu Kahk. Kue ini terbuat dari tepung dan kacang dengan taburan gula di atasnya.

3. Meloui dan Chicken Bastilla dari Maroko

Meloui

Selain di Mesir, Negara Maroko juga mempunyai makanan lezat khas lebaran yang selalu hadir di meja-meja saat Idul Fitri. Meloui dan chicken bastilla ini lah yang merupakan makanan khas lebaran di Maroko. Meloui adalah camilan yang terbuat dari terigu, gula, garam dan ragi, sedangkan chicken bastilla adalah kue yang bahan dasarnya ayam. 

4. Gulha dan Kulhi Boakibaa dari Maldives (Maladewa)


Gulha

Maldives memiliki sumber daya alam laut yang luar biasa karena merupakan negara kepulauan. Maka tidak heran jika menu khas di saat lebaran pun merupakan makanan olahan dari hasil laut (seafood). Makanan khas Maldives ketika lebaran yaitu Gulha dan Kulhi Boakibaa. Gulha merupakan camilan unik yang berbentuk bola-bola dan berasal dari olahan ikan. Sementara Kulhi Boakibaa merupakan hidangan utama yang dibuat dari nasi dan ikan tuna.

5. Chotpoti Curry dari Bangladesh


Chotpoti Curry

Bangladesh juga punya makanan khas lebaran yang tak kalah lezat dari negara lainnya. Salah satu makanan kha lebaran itu adalah Chotpoti Curry. Makanan ini terbuat dari kari yang isinya terdiri dari kentang dan telur, tidak ada daging di dalamnya. Rasanya pedas dan gurih. Makanan ini wajib ada saat hari raya lebaran tiba.










6. Sup Mie La Mian dari Tiongkok


Sup Mie La Mian

Tiongkok memiliki penduduk umat muslim yang semakin bertambah dan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Saat merayakan lebaran, umat muslim tiongkok juga mempunya makanan khas lebaran yang lezat. Sup mie la mian ini adalah salah satunya, makanan ini terbuat dari adonan tepung terigu yang ditarik-tarik tangan hingga menjadi helaian panjang. Sup mie la mian ini selalu hadir dimeja-meja saat lebaran.

7. Kaak dari Tunisia

Kaak

Salah satu makanan lezat khas lebaran di Tunisia adalah Kaak.  Roti satu ini mendapatkan nama uniknya dari proses pembuatannya. Adonan Kaak akan dipipihkan di atas batu, dibentuk, dan dipanggang di sebuah tandoor. Ketika proses pemanggangan inilah Kaak akan berubah menjadi sekeras batu. Namun, setelah dingin roti ini akan berubah menjadi seempuk bantal. Makanan ini menjadi kudapan lezat saat lebaran tiba.

8. Debyaza, Halawa Turki dan Ta’teema dari Turki

Halawa Turki

Debyaza, Halawa Turki dan Ta’teema merupakan makanan lezat khas lebaran di Turki yang selalu disajikan saat hari raya. Makanan-makanan ini merupakan puding tradisional khas Turki yang proses pengolahannya cukup membutuhkan waktu yang lama.

9. Italian Vegetarian Pasta  dari Amerika Serikat

Ayam Panggang Ala Amerika

Italian Vegetarian Pasta adalah salah satu makanan khas yang disajikan di hari lebaran di Amerika. Biasanya umat muslim Amerika memasaknya bersama-sama dan disantap juga secara bersama-sama. Selain italian vegetarian pasta, ada juga ayam panggang gaya Amerika, tapi disajikan dengan nasi yang ditaburkan dengan buah Cherry. 

10. Cambaabur dari Somalia

Cambaabur

Somalia juga punya hidangan khas Idul Fitri yakni cambaabur. Bentuknya yang menyerupai crepes terbuat dari tepung gandum yang diberi bumbu berupa bawang putih, bawang bombai, kunyit dan beberapa rempah lainnya. Cambaabur dijuluki sebagai roti lebaran khas Somalia.

Nah, itulah 10 makanan lezat khas lebaran dari aneka negara. Semoga bermanfaat dan Selamat Lebaran :)

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post