Wow! Beras Hitam Ternyata Kaya akan Manfaat untuk Kesehatan

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Selama ini sebagain besar orang Indonesia mengkonsumsi nasi yang merupakan makanan pokok. Nasi yang disantap biasanya nasi putih. Padahal, ada jenis beras yang lebih menyehatkan dan juga lezat.





Belum banyak yang tahu kalau Indonesia tidak hanya memiliki beras putih dan beras merah saja, tetapi juga memiliki beras hitam. Di Indonesia, beras hitam ini beredar dipasaran antara lain berasal dari Progo Yogyakarta, Lereng Gunung Merbabu Jawa Tengah, Subang Jawa Barat dan Toraja Sulawesi Selatan.

Beras hitam ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, yuk simak penjelasannya:

  • BERAS HITAM MENGANDUNG ZAT ANTOSIANIN DAN ANTIOKSIDAN
Sesuai dengan namanya, bulir beras ini berwarna hitam.. Warna hitam ini disebabkan karena zat antosianin, zat antioksidan yang menimbulkan warna ungu pekat cenderung hitam. Zat pada beras hitam ini juga diperlukan tubuh sebagai antikanker. Walaupun beras ini berwarna hitam, tetapi warna gabahnya cokelat, berbeda dengan ketan hitam.

  • BERAS MERAH DAPAT MENANGKAL DIABETES

Manfaat yang luar biasa dari beras hitam adalah selain dapat mencegah kanker karena kandungan antosianinya, beras hitam juga mampu menangkal diabetes. Nilai kalorinya sekitar 362 kcl per 100 gram, lebih rendah dibandingkan jenis beras lain.
Kandungan kalori yang ada pada beras hitam ini terkait dengan indeks glikemik, aangka yang menunjukkan seberapa besar suatu makanan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi indeks glikemik, semakin besar pula kemungkinan makanan tersebut memicu kenaikan kadar gula darah.






  • BERAS HITAM DAPAT MENCEGAH PENUAAN DINI

Selain itu, beras hiTam bisa menjadi salah satu makanan yang mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang berperan memperbaiki sel-sel tubu yang rusak. Sehingga apabila sel-sel tubuh cepat memperbaiki diri, seseorang akan terlihat lebih bugar dan awet muda.

  •  BERAS HITAM BERMANFAAT SEBAGAI OBAT ANEMIA
Kandungan zat besi yang terkandung pada beras hitam sangat tinggi mencapai 15,52 ppm. Zat besi merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan darah (hemoglobin). Karena itu makanan yang kaya akan zat besi sangat dianjurkan bagi penderita anemia.

  •  BERAS HITAM BERMANFAAT UNTUK MENGATASI DIARE

Manfaat lain dari beras hitam adalah dapat mengatasi diare. Kandungan serat yang terdapat dalam beras hitam selain dapat membantu memudahkan pengeluaran sisa-sisa makanan dari dalam tubuh, juga dapat membantu menambah kepadatan tinja yang nantinya akan dikeluarkan.
Saat dimasak bulir-bulir beras merah lebih utuh, teksturnya juga cenderung lebih kering dan rasanya agak liat. Tetapi berbeda dengan ketan hitam.

Nah, jika ingin kesehatan tetap terjaga jangan lupa untuk mengganti nasi putih dengan nasi hitam :)

Semoga bermanfaat dan Happy Healthy :)



Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post