Tips Sukses Agar Adonan Kue Kering Tidak Berminyak

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Kata siapa membuat kue kering susah? Sebenarnya membuat kue kering itu sangat mudah, hanya saja terkada ada "Kecelakaan" yang membuat adonan jadi berminyak dan rasa kue kering jadi kurang sedap. Yuk pelajari penyebabnya dan cara untuk mengatasinya :)





Adonan kue kering bunda berminyak dan mengakibatkan rasa kue kering jadi kurang sedap? Ini dia penyebabnya bun.
  • Penggunaan Mentega
Penyebab adonan berminyak yang pertama adalah penggunaan mentega. Bunda harus memperhatikan penyimpanan mentega tersebut. Mentega yang tidak dimasukkan dalam lemari es sampai beku ini yang mengakibatkan adonan kue kering bunda berminyak.

  • Cara Pengadukan
Penyebab yang kedua adalah pada cara pengadukan adonan kue kering tersebut.  Pengadukkan yang dilakukan dengan tangan secara berulang-ulang kali akan mengakibatkan adonan kue kering bunda berminyak.

  • Proses Pemulungan 
 Jika bunda membuat kue kering yang dipulung, penyebab adonan tersebut dapat berminyak karena bunda melakukan proses pemulungan yang terlalu lama. Sehingga adonan berminyak dan rasa kue kering bunda kurang sedap.







Penyebabnya sudah tahu, mari kita mengatasinya dengan cara berikut:
  1. Dinginkan terlebih dahulu mentega di dalam lemari es hingga beku. Kemudian bunda bisa memotongnya mejadi bagian lebih kecil agar saat proses pengocokan tidak sulit.
  2. Pengadukan kue kering cukup dilakukan dengan menggunakan spatula saja yang diaduk dengan gerakan mencincang, bukan teknik melipat.
  3. Ketika membuat kue kering yang dipulung, lakukan pemulungan kue dengan cepat agar adonan tidak bersentuhan dengan tangan terlalu lama.
  4. Bila bunda tak bisa membentuk adonan dengan cepat, bunda bisa menyimpan adonan dulu didalam lemari es sebelum dibentuk.
Nah itu lah tips sukses agar adonan  kue kering tidak berminyak dan rasa kue kering buatan rumahan tetap enak dan crunchy :9

Semoga bermanfaat dan Happy Cooking ^^


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post